Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas tentang fase-fase penting dalam Kaizen, nah kali ini SHIFT Indonesia akan mengupas tuntas apa saja manfaat kegiatan Kaizen untuk bisnis Anda.

  • Produktivitas karyawan meningkat. Dengan kaizen, semua orang yang terlibat dalam proses bisnis terinspirasi untuk melakukan proses perbaikan. Biasanya melakukan perubahan, dari proses perencanaan menuju tahap persetujuan organisasi bisa menghabiskan waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun. Orang-orang yang pada awalnya bersemangat , sering kehilangan antusiasme mereka dari waktu ke waktu karena hal-hal tersebut terlalu lama diselesesaikan. Nah, dengan kaizen,  semua orang yang terlibat mampu memanfaatkan energi dan antusiasme mereka untuk mendapatkan hasil dengan cepat. Ide dan kreativitas karyawan dihargai, dan selalu ada tempat untuk inisiatif mereka. Ini karena kaizen bukan solusi satu kali, tetapi lebih merupakan proses berkesinambungan untuk melakukan perbaikan jika diperlukan. Upaya ini juga membantu karyawan lebih bersemangat untuk bekerja secara aktif dan mendapatkan manfaat langsung dari perubahan yang dijalankannya. Tidak hanya mendorong perubahan di satu area saja, kaizen event pada akhirnya akan membuat perubahan cepat di perusahaan. Kaizen juga terbukti mampu meningkatkan produktivitas karyawan karena mereka menjadi lebih termotivasi
  • Pemborosan berkurang. Aspek penting dari kaizen adalah bagaimana kita bisa menggunakan lebih sedikit (biaya) untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak. Banyak organisasi benar-benar mempersingkat proses, berhasil membuat langkah menjadi lebih sedikit setelah menjalankan kaizen. Mereka bisa memperpendek waktu dan menjadi jauh lebih hemat, mereka juga bisa mencegah kerugian lainnya akibat kelebihan staf, ruang, bahkan produk.  
  • Proses menjadi sederhana. Semua bisnis menginginkan efisiensi dengan tetap memberikan produk atau layanan terbaik untuk pelanggan mereka. Tetapi seringkali muncul masalah yang menyebabkan kinerja menjadi buruk. Dengan menggunakan kaizen, Anda hanya akan fokus pada tujuan bisnis Anda dan nilai-nilai yang mendukungnya. Dengan kata lain, Anda akan fokus pada upaya peningkatan atau perbaikan produk atau layanan sehingga bisa menciptakan keuntungan bagi bisnis.
  • Kepuasan pelanggan meningkat. Banyak bisnis gagal karena mereka tidak mampu memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggannya. Perlu diketahui bahwa pelanggan hanya akan membayar apa yang mereka butuhkan sementara di pasar tersedia banyak pilihan. Ketika Anda gagal menjawab kebutuhan mereka, maka kompetitor Anda akan mengambilnya. Di sisi lain, tren pasar kini berubah dengan sangat cepat dan mendorong bisnis untuk melakukan penyesuaian , kalau tidak maka bisnis akan menjadi tidak relevan dengan pasar. Dalam hal ini, kaizen akan sangat membantu Anda memahami bahwa akan ada proses yang lebih baik yang bisa dilakukan, akan ada layanan yang sangat baik dan nilai produk yang lebih diinginkan oleh pelanggan. Semua ini akan mengarah pada kepuasan pelanggan dan menciptakan retensi pelanggan.
Baca juga  Inilah Dua Penyebab Data Tidak Normal dalam Control Chart