Green Belt memiliki keterampilan menggunakan tools dan teknik yang efektif untuk menyelesaikan masalah dan meningkatkan proses di organisasi. Jika Anda memiliki Green Belt di organisasi, itu berarti Anda telah berinvestasi untuk masa depan organisasi.

Lean Six Sigma akan selalu relevan bagi bisnis. Sebab tidak peduli seberapa sukses perusahaan Anda, kemampuan memecahkan masalah akan selalu dibutuhkan. Lean Six Sigma tentu bukan hal yang baru, saat ini banyak perusahaan telah menerapkan metode problem solving yang mudah dipahami ini untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan dengan fokus utama menghilangkan inefisiensi pada proses.

Ketika menjalankan proyek perbaikan proses menggunakan Lean Six Sigma, perusahaan biasanya memiliki tim khusus yang dipimpin oleh seorang Green Belt. Green Belt adalah individu yang secara khusus dipersiapkan untuk menjadi agen perubahan atau pemecah masalah di organisasi. Sebagai agen perubahan mereka tentu harus menguasai tools dan memiliki teknik terbaik. Untuk itu perusahaan harus memberikan dukungan dan fasilitas terbaik sehingga mereka benar-benar mampu menjalankan tugas dan peranannya sebagai agen perubahan, utamanya dalam mendorong efisiensi yang lebih besar di seluruh proses.

Salah satu dukungan terbaik yang bisa diberikan perusahaan adalah dengan mengirim mereka ke pelatihan yang berkualitas seperti Pelatihan Sertifikasi Lean Six Sigma Green Belt yang diselenggarakan oleh SSCX International, training provider Lean Six Sigma terbaik di Indonesia. Dalam pelatihan SSCX Lean Six Sigma Green Belt ini, Anda dan karyawan Anda akan menemukan cara efektif untuk memecahkan masalah yang kompleks. Anda akan memahami dimana fokus area yang paling berpengaruh untuk dilakukan perbaikan dan Anda akan memahami bagaimana cara mengelola tim untuk melangsungkan perbaikan tersebut.

Nah, bagi Anda yang masih bertanya-tanya mengapa perusahaan sangat disarankan untuk memiliki Green Belt, baca tuntas penjelasan berikut ini ya!

Baca juga  Lima Prinsip Sukses Change Management

1. Meningkatkan pendapatan perusahaan

Setelah mendapatkan sertifikasi Green Belt, Anda akan memiliki pengetahuan untuk mengidentifikasi karakteristik proses bisnis di perusahaan. Selanjutnya, dengan penguasaan tools yang baik, Anda dapat mengukur, menganalisa, dan merampingkan proses dengan lebih cepat dan lebih efisien. Green Belt juga menjadi pilar kekuatan bagi organisasi (yang secara efektif) menyelesaikan tugas pekerjaan dan peranan besarnya dalam mengurangi biaya operasi organisasi. Ingat, biaya produksi sebuah produk yang cacat sama besarnya dengan biaya produksi sebuah produk yang berkualitas. Dengan Lean Six Sigma, Anda dilatih untuk menghasilkan produk dengan resiko cacat yang lebih kecil, sehingga perusahaan menghasilkan lebih banyak produk berkualitas yang menambah keuntungan. Seorang Green Belt akan terus mencari cara untuk meningkatkan proses, dengan demikian perusahaan akan mampu menyediakan lebih banyak produk atau layanan dengan sumber daya yang lebih sedikit.

2. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah bagian terpenting dari prinsip Lean Six Sigma. Dari awal proyek, tim yang dipimpin oleh Green Belt tidak hanya berfokus pada pengurangan biaya tetapi juga fokus pada dampak tindakan mereka terhadap pelanggan. Ketika pelanggan merasakan adanya perbaikan kualitas yang dihasilkan oleh Lean Six Sigma, mereka merespons dengan loyalitas yang lebih besar dan meningkatkan permintaan.

3. Memberikan keunggulan kompetitif

Dalam pelatihan, seorang Green Belt memiliki kesempatan untuk mempelajari keterampilan dan tanggung jawab baru termasuk memahami prinsip-prinsip dalam manajemen lean untuk membangun budaya Lean di perusahaan. Ketika mereka kembali ke perusahaan, mereka dapat menggunakan keterampilan mereka untuk memberdayakan semua karyawan untuk melakukan perbaikan proses yang mengarah pada perbaikan mindset dan peningkatan kepuasan kerja. Selanjutnya, perbaikan yang terus-menerus bukan lagi sekedar tujuan yang dibayangkan atau slogan – ini akan menjadi bagian dari operasi sehari-hari dan bertransformasi menjadi budaya perusahaan.

Baca juga  Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Selama Wabah Covid-19

4. Sebagai investasi jangka panjang

Alasan paling umum mengapa perusahaan enggan menggunakan Lean Six Sigma adalah karena khawatir mengenai biaya yang dibutuhkan untuk pelatihan dan implementasinya. Padahal, Lean Six Sigma sendiri justru membantu Anda untuk menghemat dan menyelamatkan kerugian perusahaan terlebih di masa pandemi Covid-19 ini.  Sayang sekali jika Anda hanya memperhitungkan biaya penerapan Lean Six Sigma yang hanya dikeluarkan sekali untuk pelatihan dan sertifikasi, dan tidak memperhitungkan manfaat jangka panjang untuk kemakmuran perusahaan Anda. Pertanyaannya, “Jadi mana biaya yang lebih besar menurut Anda, menerapkan Lean Six Sigma atau membiarkan inefisiensi dalam proses terjadi terus menerus?”

Tertarik mengikuti training Lean Six Sigma Green Belt? Hubungi SSCX International di event@sscx.asia atau Wa.me/6287857630200. SSCX International adalah perusahaan konsultan dan jasa pelatihan Lean Six Sigma terbaik di Indonesia yang telah membantu kemajuan ratusan organisasi di berbagai sektor industri.