Komunikasi yang terbuka dan jujur dibarengi budaya keselamatan yang tinggi mendorong terwujudnya continuous improvement di seluruh perusahaan.

Jika berbicara tentang transformasi perusahaan, maka Toyota adalah pionirnya. Toyota merupakan perusahaan otomotif yang memiliki proses pengembangan produk tercepat di dunia. Karyawan-karyawannya juga diincar oleh perusahaan di seluruh dunia karena keahlian yang dimilikinya. Apa rahasianya? Toyota memiliki keunggulan operasional yang telah menjadi budaya, budaya inilah yang menjadi rajanya.

Brett Wood, president dan CEO dari forklift manufacturer Toyota Material Handling North America (TMHNA) mengatakan bahwa Toyota memiliki sebuah proses formal yang disebut TIBP – Toyota Industries Business Practices. Dasarnya yaitu 8 langkah proses, kemudian kelas pelatihan formal untuk karyawan, dan prinsip sederhana tentang bagaimana kamu dapat membuat perencanaan. Perencanaan adalah kunci, dan mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk mencapai sesuatu, kembali ke prinsip dasar yaitu mengurangi pemborosan, menghilangkan muda, dan semua itu.

Budaya adalah raja. Ketika Anda ingin memotivasi rekan kerja atau karyawan, jika Anda tidak memiliki budaya, tidak peduli berapa banyak uang yang Anda berikan ke mereka— “Munculkan 10 ide kaizen dan kami akan memberi Anda $ 50 atau kartu Starbucks atau sesuatu lainnya”. Tanggapan mereka bisa biasa saja karena bukan sebagai penggemar berat itu, meskipun mereka dapat melihat kebaikannya. Tetapi jika Anda memiliki budaya continuous improvement sepanjang waktu, hadiah kecil ini akan memberikan dampak besar.

Kita juga perlu berkomunikasi secara terbuka, jujur, dan informal. Jika kita ingin mencoba memotivasi seseorang, mereka ingin merasa sebagai bagian dari proses. Jika kita hanya mengatakan “kerja bagus” kepada mereka, itu tidak menjadikan mereka bagian dari proses. Kritik yang membangun adalah bagian budaya jujur di Toyota.

Di Toyota tidak ada ide yang dianggap buruk. “Kami memberi tahu orang-orang kami: Bawalah apa pun yang Anda miliki ke manajer, ke meja, ke grup, dan mari diskusikan. Satu hal yang saya banggakan adalah kami mengenali ide-ide kaizen, tidak peduli seberapa besar atau kecilnya. Jadi, jika Anda menyelamatkan kami satu dolar, kami akan mengenali Anda sebanyak orang yang menyelamatkan kami $ 100 atau $ 1.000. Saya pikir itu memotivasi orang-orang yang mungkin berpikir : Yah, saya tidak punya ide besar jadi saya tidak akan memikirkannya.”, kata Wood sebagaimana dilansir dari industryweek.

Budaya dengan langkah-langkah kecil dan sedikit perbaikan di dalamnya ini akan membawa Anda mencapai peningkatan besar. Kalau dalam bisbol, Anda tidak dapat home run setiap saat. Anda juga membutuhkan single atau double steps untuk sesekali. Ingat, Anda tidak harus melewati proses besar setiap saat.