Skill apa yang paling dibutuhkan pemimpin di era Covid-19? Jawabannya adalah kemampuan berkomunikasi secara efektif.

Berhasil tidaknya leadership seseorang sangat bergantung pada kemampuannya dalam berkomunikasi secara efektif dengan orang lain. Sebagai pemimpin tentu Anda bertanggungjawab untuk mengelola tim; melakukan koordinasi lintas departemen; melakukan presentasi di depan tim, atasan, dan juga klien – yang mana semuanya membutuhkan keterampilan berkomunikasi. Namun, terkadang berkomunikasi dapat menjadi tantangan yang menyulitkan bahkan bagi pemimpin yang sangat kompeten sekalipun. Sebab itu, terus belajar menyampaikan pesan dengan baik dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi menjadi agenda wajib bagi Anda, para pemimpin dan calon pemimpin masa depan.

Komunikasi Semakin Penting di Tengah Pandemi

Dalam menjalankan perannya, para pemimpin perlu mengakomodir setiap pertanyaan dan masalah yang dihadapi dengan melakukan komunikasi. Komunikasi juga akan menjadi semakin penting ketika organisasi menghadapi transformasi besar seperti ketika menghadapi krisis yang disebabkan oleh virus Covid-19. Pada mode transformasi, setiap individu membutuhkan motivasi dan dukungan dari pemimpinnya. Namun, setiap pesan penting yang disampaikan oleh pemimpin akan memberikan manfaat hanya jika disampaikan dengan cara yang tepat.

Sementara itu dalam waktu yang singkat ini, Pemimpin tidak hanya berjuang mengadaptasikan bisnisnya tetapi juga membawa karyawannya untuk tetap up to date, tetap relevan dengan apa yang dibutuhkan organisasi saat ini. Hal ini semakin menantang mengingat beberapa perusahaan tanpa persiapan kemudian menerapkan bekerja dari rumah (work from home) untuk melindungi karyawannya. Yups! Covid-19 sukses mengubah cara kerja organisasi, menjadikan komunikasi sebagai salah satu isu penting bagi organisasi.

Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi

Berikut adalah beberapa cara yang bisa membantu Anda memperbaiki kemampuan berkomunikasi secara efektif :

Baca juga  Inilah Empat Manfaat Kaizen bagi Bisnis Anda

1. Meningkatkan Kemampuan Mendengar

Kemampuan mendengarkan disini adalah tentang memahami maksud dan emosi dari setiap pesan yang disampaikan. Mendengarkan akan membuat Anda mengetahui fakta secara akurat, memungkinkan Anda mengambil tindakan yang relevan.

2. Memahami Faktor Motivasi

Para pemimpin yang hebat selalu berhasil membuat orang lain termotivasi. Mereka bisa mengispirasi dan membangun keterlibatan siapapun yang ada di hadapannya. Agar Anda bisa di level ini, maka Anda harus memahami kebutuhan orang lain dan apa saja tema-tema yang menarik ke dalam komunikasi Anda.

3. Bersikap Langsung dan Jelas

Komunikasi yang jelas memungkinkan orang lain lebih memahami maksud Anda. Berikan intruksi yang sederhana dan bisa ditindaklanjuti. Sampaikan intruksi tersebut dengan ramah dan terbuka sehingga orang lain juga tidak segan melontarkan pertanyaan lebih lanjut jika ada hal yang tidak dimengerti. Jangan mengakhiri pembicaraan jika Anda tidak yakin orang lain memahami tujuan Anda, lebih baik menjelaskan secara berulang daripada terjadi kesalahpahaman di masa depan.

4. Mengikuti Program Pelatihan atau Mentoring.

Pemimpin yang berhasil selalu memprioritaskan komunikasi baik di internal perusahaan maupun dengan pelanggan. Komunikasi selalu menjadi kunci untuk menyelesaikan masalah, menciptakan ide baru, dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Sebab itu, meskipun Anda telah memiliki banyak pengalaman memimpin tim, Anda tidak boleh berhenti untuk terus meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi. Salah satu metode yang bisa Anda pilih, yaitu mengikuti online public training dari SSCX International.

Setelah sukses menyelenggarakan webinar “Effective Communication Skills” pada bulan April lalu, SSCX International akan kembali mengadakan pelatihan online “Effective Communication Skills” di bulan Juli ini tepatnya pada tanggal 16 Juli 2020. Pelatihan ini akan membantu Anda memahami pentingnya membangun sistem komunikasi yang efektif dan mengetahui teknik-teknik berkomunikasi yang efektif di area kerja. Lebih lanjut tentang manfaat yang bisa Anda dapat dari program ini hubungi tim support SSCX di  Wa.me/628175763021.