Bonus dan insentif dapat mendorong implementasi lean di perusahaan berjalan dengan lebih baik. Di luar sana, banyak perusahaan sudah menerapkannya, mulai dari program bonus yang umum hingga unik, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Lean adalah metode terbaik untuk membuat kemajuan dalam bisnis. Jika Anda sudah merencanakan atau memulai inisiatif Lean, maka ide tentang rencana insentif akan sangat membantu Anda untuk melangkah lebih cepat. Lean adalah tentang manfaat jangka panjang yang akan diperoleh perusahaan, ini adalah cara untuk meningkatkan nilai perusahaan. Strategi inti perusahaan lean yaitu mengelola segala bentuk pemborosan yang ada dalam pekerjaan sehari-hari. Dan untuk efektif, kita perlu belajar dan terus mendukung karyawan untuk menyumbangkan ide mereka tentang cara menghilangkan pemborosan tersebut.

Semua fungsi dalam perusahaan harus memiliki tujuan yang sama dan bekerja bersama untuk mencapai tujuan. Ini berarti bahwa kerja tim sangat penting untuk keberhasilan Lean. Tidak seorang pun harus memiliki rasa takut atau khawatir terhadap pekerjaan mereka ketika metode lean dijalankan, dan sebaliknya, mereka harus memahami bagaimana mereka bisa mendapat manfaat dari keuntungan yang diperoleh dengan menjalankan metode tersebut.

Untuk itu, kita perlu memberikan insentif yang akan mendorong perilaku tersebut:

1. Ciptakan lingkungan belajar yang memungkinkan setiap karyawan dapat membantu menghilangkan pemborosan tersebut.

2. Pastikan bahwa tim bekerja dengan baik dan semua fungsi bekerja menuju tujuan bersama.

3. Bangun sistem yang mudah diterima dan dipahami oleh semua orang.

Selain tiga hal di atas, kita juga harus melakukan beberapa hal penting lain agar Lean benar-benar terimplementasi dengan baik diantaranya yaitu profit sharing. Kenapa profit sharing penting? Kembali lagi Lean adalah strategi dan fokus Anda adalah menghilangkan segala bentuk pemborosan atau aktivitas yang tidak memiliki nilai tambah. Ide-ide terbaik untuk menghilangkan pemborosan dan meningkatkan nilai. Inilah alasan mengapa karyawan menjadi nilai tambah bagi perusahaan. Dan sebagai hasilnya, perusahaan harus bersedia membagikan keuntungan finansial dengan karyawan. Keuntungan dari Lean akan sangat besar sehingga perusahaan pun dapat dengan mudah melakukan ini. Dan sebagai rencana jangka panjang, perusahaan perlu mendorong setiap orang untuk berpartisipasi dalam rencana ini dan kemudian mengkonversi kontribusi mereka dengan saham perusahaan.

Baca juga  Memahami Perubahan Organisasi dan Yang Harus Dilakukan Untuk Menghadapinya (1)

Ada banyak cara terkait mekanisme pemberian insentif karyawan dan setiap perusahaan memiliki cara terbaik untuk situasi mereka sendiri. Dan pendekatan di atas menjadi salah satu strategi terbaik bagi perusahaan yang ingin sukses menjalankan Lean.