Kapan waktu yang tepat untuk melakukan perubahan? Jawabannya adalah SEKARANG. Perubahan terus berlangsung, sebagai pelaku bisnis kita tidak bisa menghindarinya, artinya untuk memenangkan persaingan bisnis Anda dan organisasi Anda harus selalu siap menghadapi dan melakukan yang terbaik.

Dalam konsep operational excellence, kita mengenal mindset “no need to be perfect at the first time”. Ya, Kita tidak harus memulai suatu perubahan atau perbaikan dengan sesuatu yang besar, intinya adalah terus berupaya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Seperti kita lihat, teknologi informasi mendorong kemajuan luar biasa, jika Anda menunggu sampai yakin semua sempurna, kesempatan sudah berlalu, dan pesaing Anda sudah berada di garis depan.  

Waktu yang tepat untuk perubahan adalah ketika Anda dan organisasi Anda memiliki komitmen untuk menciptakan peningkatan bisnis. Jika Anda terus menundanya, Anda akan kehilangan momentum dan juga motivasi. Tentu saja kata perubahan selalu menimbulkan “ketakutan”dan kekhawatiran bagi semua orang, namun yang perlu Anda lakukan adalah membantu mereka tahu bahaya jika mereka tidak segera melakukannya dan membantu mereka mempersiapkan diri untuk menghadapinya.

Ketakutan dan kekhawatiran juga bisa menjadi hambatan kemajuan organisasi Anda. Untuk itu Anda harus mengubah rasa takut itu sebagai alasan untuk berubah, ingatkan tim Anda jika mereka dapat menangani setiap ketidakpastian dan tantangan bisnis. Apakah ini mudah? Tentu ini adalah pekerjaan besar. Tidak mungkin terjadi dalam satu malam. Tapi jika Anda tidak memutuskan sekarang, Anda bisa kehilangan bisnis yang Anda bangun. Pikirkan tentang hal itu!

Selama lebih dari sepuluh tahun bergerak di bidang konsultasi bisnis, kami di SSCX International sering menemukan inefisiensi yang dilindungi oleh sejumlah pihak di perusahaan yang merasa diuntungkan dari inefisiensi ini. Sebut saja pengajuan lembur yang tidak produktif dan anggaran pengadaan yang dimanipulasi. Keuntungan dari jalan pintas seperti itu sifatnya semu karena lambat laun keuntungan perusahaan akan terus tergerus sehingga berat untuk tumbuh. Tentu saja kesejahteraan para karyawan pada akhirnya akan ikut terdampak. 

Padahal, keuntungan yang lebih signifikan dapat dinikmati semua karyawan dengan meningkatkan produktivitas perusahaan. Saat ini, banyak orang mengartikan upaya peningkatan produktivitas sama dengan bertambahnya pekerjaan. SALAH BESAR! Sejatinya, kita bisa lebih produktif dengan mengurangi beban kerja kita. Ah, SERIUS?? Yessss, yaitu dengan melakukan perbaikan proses bisnis. Remember, there is no best process but always better process!

Seharusnya, kita bisa semakin produktif meski beban kerja kita kurangi, yakni dengan melakukan perbaikan proses bisnis karena masih banyak aktivitas yang kita lakukan sebenarnya tidak efisien dan produktif.

Baca juga  Lean Six Sigma dan Peluang Pertumbuhan Bisnis

Dari sekian banyak metode yang sudah dipakai oleh perusahaan-perusahaan dari seluruh dunia sepanjang sejarah untuk melakukan perbaikan proses bisnis, Lean Six Sigma adalah salah satu metode yang dinilai terbukti berhasil dan ampuh.

Dengan Lean Six Sigma, kita dapat memetakan proses bisnis kita, mengidentifikasi inefisiensi di dalamnya, kemudian meminimalkan dan menghilangkannya. Apabila beban kerja berkurang dan kita menjadi semakin produktif, tentu profit perusahaan akan melesat.