Sepanjang weekdays, kita menghabiskan lebih dari sepertiga waktu yang kita miliki di kantor. Jadi, tidak mengherankan jika atasan dan rekan kita melihat beberapa kebiasaan buruk kita. Namun, apa pun bentuk kecerobohan tersebut, sebenarnya tidak perlu terjadi dan bisa dihindari, caranya sederhana, coba luangkan waktu Anda untuk memikirkan apa saja perilaku yang memiliki dampak negatif bagi orang lain.

Mulai kenali apa saja perilaku tidak profesional yang bisa mengganggu karier Anda di masa depan. Perlu diperhatikan, bahwa kebiasaan buruk tersebut juga bisa membuat orang-orang di kantor membenci Anda. Ini akan menjadi lebih serius, bukan? Berikut ini adalah daftar kebiasaan yang menunjukkan sisi ketidakprofesionalan dan seringnya tidak disadari.

  1. Datang terlambat ke kantor, ini menunjukkan bahwa Anda tidak profesional dalam pekerjaan. Seorang profesional selalu datang tepat waktu dan siap bekerja sesuai yang diharapkan organisasi.
  2. Terlambat menghadiri pertemuan (meeting), ini menunjukkan bahwa Anda tidak menghargai rekan Anda. Ini menjadi celah untuk Anda terlihat buruk dan tidak profesional.
  3. Tidak fokus selama pertemuan, berkonsentrasi penuh pada dua hal secara bersamaan memiliki kemungkinan yang sangat kecil. Mengirim email ataupun hal-hal lain selama pertemuan, akan menunjukkan kepada semua peserta bahwa Anda tidak memperhatikan jalannya pertemuan.
  4. Membicarakan urusan pribadi, jika ini dilakukan selama jam kerja Anda hanya akan mengganggu pekerjaan rekan Anda. Jika Anda ingin berdikusi untuk masalah pribadi, Anda bisa membicarakannya di luar kantor.
  5. Berpikir negatif di setiap waktu, ini akan mempengaruhi hasil pekerjaan Anda. Ketika Anda memiliki pemikiran negatif, energi Anda akan habis untuk hal-hal yang seharusnya tidak diperlukan.
  6. Mengomentari penampilan seseorang, akan lebih menarik jika Anda memuji seseorang karena pekerjaannya dibanding penampilannya.
  7. Terlalu berisik, entah itu memutar musik atau melakukan obrolan, ini akan mengganggu konsentrasi dan produktivitas orang-orang di sekitar Anda.
  8. Kebiasaan gugup, seperti menggoyangkan kaki, mengetuk meja, mengunyah permen tanpa disadari hal ini bisa mengganggu konsentrasi orang lain.
  9. Mengabaikan penampilan, ini tidak hanya masalah baju yang Anda pakai tapi juga etika Anda di depan umum. Jika terus mengabaikan, Anda bisa kehilangan promosi yang mungkin sudah di depan mata.

Dari daftar di atas, ada berapa nomor yang masuk daftar kebiasaan Anda? Jika ada, jangan ditunda lagi, perbaikilah perilaku Anda mulai saat ini juga, karena ini akan menentukan karir Anda.