SHIFT SSCX Gas industri

JAKARTA—Kebutuhan gas untuk industri pada tahun ini diperkirakan naik 3,64% menjadi 2.280 juta standar kaki kubik per hari (MMscfd).

Direktur Industri Kimia Dasar Kemenperin Muhammad Khayam mengatakan sepanjang tahun lalu total kebutuhan gas untuk bahan baku maupun sumber energi mencapai 2.200 MMscfd.

Angka tersebut senada dengan proyeksi Forum Industri Pengguna Gas Bumi (FIPGB). Kebutuhan gas untuk bahan baku mengalami peningkatan 1,69% menjadi 1.086 MMscfd, demikian pula untuk sumber energi sebesar 5,48% jadi 1.132 MMscfd.

“Kalau saya ngomongnya soal kebutuhan tetapi kalau ESDM soal suplainya, sekarang kenyatannya  gas untuk domestik sudah 60% yang 19,72% didalamnya untuk industri ,” ucap Khayam, Senin (26/1/2015).

Permintaan gas sebagai bahan baku berasal dari industri pupuk dan petrokimia, masing-masing 791,22 MMscfd dan 295 MMscfd. Sementara penggunaan gas sebagai sumber energi dikategorikan lagi menjadi dua, yakni energi yang terkait dengan proses dan energi untuk bahan bakar.

Gas sebagai energi terkait proses total kebutuhan mencapai 337,18 MMscfd, sedangkan yang terkait dengan bahan bakar 857,53 MMscfd. Industri prioritas yang dapat pasokan energi gas terkait dengan proses ada enam, sedangkan bahan bakar delapan.

Khayam menyebutkan industri yang membutuhkan gas sebagai sumber energi terkait proses adalah keramik, kaca, glassware, semen, logam, dan sarung tangan karet. Adapun yang memerlukannya sebagai bahan bakar a.l. makanan minuman, logam, tekstil dan produknya, petrokimia, kertas, ban, kendaraan bermotor, dan lainnya.

“Banyak Industri kita beberapa tahun ini kesulitan gas. Gas sebagai bahan baku jelas penting banget, lalu sebagai sumber energi yang terkait dengan proses, inilah yang kami dahulukan,” ujarnya.

Sumber: Merdeka.com

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.