Seperti yang kita ketahui, kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud bisa menjadi sejarah baru bagi Indonesia, mengingat terakhir kali kunjungan yang dilakukan oleh pimpinan Arab ke Indonesia adalah 47 tahun yang lalu yaitu pada 10 Juni 1970 oleh Raja Faisal yang saat itu menjabat. Dalam kunjungannya kali ini, diagendakan selama sembilan hari di tiga lokasi yaitu; Jakarta, Bogor, dan Bali.

Melalui kunjungan ini tercapai kesepakatan kerjasama antara pemerintah Arab Saudi dengan Indonesia senilai 93 T, sisi lain yang tak kalah menarik adalah peluang perkembangan pariwisata Indonesia yang akan semakin besar dengan kedatangan Raja Saudi dan rombongan. Seperti yang kita tahu, kedatangan Raja Saudi menjadi sorotan publik di tanah air dan beberapa Negara lain, ditambah lagi adanya berita Raja Salman dan rombongan melakukan extend atau penambahan hari untuk berlibur di Bali yang semula direncanakan berakhir pada 9 Maret diperpanjang hingga 12 Maret.

Nampaknya Bali mampu memikat kenyamanan pimpinan Arab dengan keindahan pantai dan keramahan budaya serta masyarakatnya. Melihat Raja Salman adalah sebagai tokoh yang ditokohkan di Timur Tengah, bukan mustahil kalau hal ini akan membuat penasaran bagi masyarakat Timur Tengah untuk berkunjung dan menikmati keindahan Indonesia melalui pulau Bali. Ini mampu menjadi kekuatan “endorser” gratis untuk mendongkrak pariwisata di Indonesia, Raja Salman mampu menjadi influencer bagi masyarakat kawasan Timur Tengah yang lain.

Seperti kita tahu strategi marketing berkembang sangat dinamis, diperlukan upaya branding yang kuat untuk membuat suatu produk bisa dipercaya bukan sekedar dikenal. Endorsement , menjadi salah satu strategi marketing yang populer saat ini. Apalagi tokoh yang kita endorse mampu menjadi influencer yang positif. Mereka akan memberikan testimony positif terkait produk Anda sehingga secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap angka penjualan Anda. Kenyamanan Raja Salman di Indonesia, membuktikan bahwa Indonesia mampu menciptakan customer experience . Sebuah pengalaman yang dirasa unik dan menarik bagi para pelanggan.

Berdasarkan pengalaman ini kita bisa melihat bagaiman customer experience mampu menjadi strategi marketing yang baru bagi Anda. Ingin tahu bagaimana menciptakan customer experience di perusahaan Anda? Majalah Shift akan menyelenggarakan 1Day Seminar “How To Create Anda Manage A Perfect Customer Experience” pada tanggal 9 Mei 2017 di Dafam Teraskita Jakarta. Ingat pelanggan adalah masa depan bisnis Anda, seminar ini akan membantu Anda bagaimana menciptakan loyal customer. Untuk pendaftaran bisa dilakukan di www.opexcon.com atau 021 576 3020