Alasan mengapa kepemimpinan yang baik sangat jarang terjadi meskipun pengembangan kepemimpinan galak dilakukan adalah karena kita salah paham tentang apa itu kepemimpinan.

Dalam artikel sebelumnya, Kita telah bahas apa saja kesalahpahaman tentang kepemimpinan. Kita tahu bahwa kepemimpinan bukan lagi tentang menggunakan pengaruh atau memberikan perintah kepada orang lain, atau sekedar mengikuti praktik terbaik. Kepemimpinan adalah tentang memimpin dan bukan hanya melihat kepentingan sendiri. Lalu, bagaimana caranya? Hal dasar yang harus kita miliki adalah semangat untuk menciptakan masa depan yang lebih baik dan tidak menyerah di waktu sulit. Dengan kata lain, kita harus :

  1. Memegang teguh nilai-nilai pribadi dan tidak pernah kompromi dengan itu apapun yang terjadi.
  2. Memvisualisasikan dan mengejar tujuan berprinsip pada nilai-nilai yang Anda miliki.
  3. Tetap tangguh meskipun menghadapi perlawanan terberat.

Bagaimana dengan Anda? Renungkan pertanyaan-pertanyaan berikut untuk mengetahui tingkat kepemimpinan yang Anda miliki saat ini.

1. Apa pemahaman Anda tentang kepemimpinan sejati? Apakah itu condong ke arah mempengaruhi, mengelola dan memotivasi orang lain, atau ke arah memotivasi diri Anda untuk menciptakan masa depan yang lebih baik?

2. Apa sumber utama kekuasaan Anda atas orang lain – otoritas formal Anda atau nilai-nilai dan tujuan Anda?

3. Apakah Anda secara tidak sadar menjadi dan atau menghargai followership sebagai leadership?

Sumber: Forbes

Baca juga  Tiga Kesalahpahaman Terbesar tentang Kepemimpinan