Supply chain dan kegiatan logistik dalam suatu perusahaan mengambil sebanyak 50% hingga 70% dari keseluruhan biaya produksi, sehingga mengurangi biaya tersebut sekecil apapun pastinya akan memberikan perbedaan yang signifikan dalam pengeluaran perusahaan.

Banyak organisasi dan manajer hanya terfokus pada tujuan jangka panjang yang tentu saja merupakan satu aspek penting tetapi itu saja tidak cukup. Menunggu evaluasi dari aktivitas jangka panjang saja tidak akan banyak membantu. Namun, besarnya biaya supply chain dapat ditekan dan dikurangi dengan melakukan 7 cara berikut.

  1. Tingkatkan Profit dengan Efisiensi

Idealnya, peningkatan penjualan akan meningkatkan keuntungan pula. Namun terkadang kenyataan tidak seperti apa yang diharapkan. Keuntungan dapat ditingkatkan dengan mengurangi biaya. Mulailah dengan melakukan efisiensi pada seluruh bagian organisasi dan perusahaan. Misalnya perhatikan seberapa cepat barang bergerak keluar dari gudang? Atau langkah apa yang dapat diambil untuk meningkatkan pergerakan barang agar lebih efisien?

  1. Pindahkan Barang dengan Cepat

Apapun barang yang diproduksi harus dipindahkan secepat mungkin keluar dari gudang. Semakin lama produk atau semakin banyak persediaan berisiko tinggi terjadinya kerusakan. Secara historis, melakukan pendekatan secara minimalis berhasl mengurangi biaya supply chain. Semakin sedikit orang yang terlibat makan akan semakin baik. Semakin sedikit barang ada di gudang, semakin baik.

[cpm_adm id=”10097″ show_desc=”no” size=”medium” align=”right”]

  1. Tekan Biaya Tenaga Kerja dengan Metode Kerja yang Efisien

Tenaga kerja merupakan salah satu unsure penting ketika membicarakan supply chain. Pastikan bahwa semua karyawan di bagian supply chain bekerja seefisien mungkin dengan memberikan cara-cara yang efisien pula, misalnya dalam hal pengemasan secara tepat dan singkat.

  1. Ambil Keuntungan dari Perjanjian Dagang

Perusahaan yang memanfaatkan perjanjian dagang internasional dapat dengan mudah melakukan penghematan biaya. Hal ini merupakan cara sederhana lain untuk mengurangi biaya supply chain.

  1. Mengelola Persediaan
Baca juga  3 Pelajaran Penting dari Jack Ma, Seorang Guru yang Berhasil Menjadi Pengusaha Sukses

Persediaan merupakan aset terbesar perusahaan, tetapi jika tidak dikelola dengan benar akan menyedot biaya operasional. Biaya operasiobal dapat dikurangi dengan mengirimkan barang lebih dari persediaan dalam jumlah yang cukup besar. Perusahaan juga bisa menerapkan otomasi untuk proses pengajuan ataupun fungsi lainnya dengan menggunakan sotware yang tepat. Menyusun program juga akan mengurangi kesalahan alokasi dan strategi penundaan, yang membantu perkiraan menjadi lebih akurat.

Perusahaan pastinya tidak mampu mengontrol apakah penjualan akan meningkat atau malah mengalami penurunan, tetapi perusahaan bisa mengontrol kemampuan untuk menanggapi pasar yang berfluktuasi. Perusahaan dapat lebih mempersiapkan diri dengan menyediakan peralatan untuk semua karyawan untuk dapat merespon dengan lebih cepat.

 

Sumber: manufacturing.net