Desember adalah bulan yang paling dinantikan, eits,  saya tidak sedang membicarakan liburan tetapi tinjauan  kinerja tahunan di perusahaan.

Tinjauan kinerja atau evaluasi karyawan merupakan alat komunikasi yang paling penting bagi manajemen perusahaan. Baik itu evaluasi tahunan, atau bahkan triwulan memungkinkan atasan dan karyawan bisa saling berbicara langsung. Namun, terlepas dari definisi di atas, evaluasi tidak hanya membahas kinerja karyawan tetapi lebih luas lagi, yaitu kinerja semua orang.

Namun, sebelum evaluasi tersebut berjalan, seringnya karyawan memiliki kekhawatiran yang berlebihan sehingga tidak fokus pada apa keinginan mereka sendiri. Nah, daripada mengkhawatirkan feedback yang akan diberikan manajemen, ada baiknya fokus pada apa yang Anda inginkan. Untuk itu, Anda bisa mulai menyusun beberapa daftar berikut ini : .

  1. Apa yang telah Anda capai selama 12 bulan terakhir?
  2. Apa yang ingin Anda capai selama 12 tahun berikutnya?
  3. Bagaimana cara Anda mencapai tujuan?
  4. Sumber daya apa yang Anda butuhkan untuk menjadi sukses?

Evaluasi karyawan adalah kesempatan langka bagi karyawan untuk mendapatkan waktu khusus untuk mengkomunikasi keinginan, kebutuhan, ide, dan harapan untuk masa depannya di perusahaan. Semua hal ini dapat mereka komunikasikan langsung kepada manajemen. Jadi pastikan Anda tahu apa yang Anda inginkan di tahun depan. Apakah itu gaji? Apakah itu dukungan manajemen ? Apakah perubahan peran? Ini adalah moment penting untuk mendapatkan penawaran terbaik Anda. Lalu bagaimana untuk bisa mendapatkan penawaran terbaik ini?

Tidak dipungkiri, sebagian besar karyawan yang mengikuti evaluasi  berharap mendapatkan kenaikan gaji tahunan. Nah, sebelum meminta kenaikan tersebut, mulai tanyakan pada diri Anda apakah itu saat yang tepat.

Saat meminta kenaikan gaji, Anda pun tidak boleh bertanya begitu saja. Sebaliknya, buatlah sebuah kasus mengapa Anda benar-benar layak mendapat kenaikan gaji. Buat skrip untuk meminta kenaikan gaji Anda. Sampaikan kepada manajer Anda semua keberhasilan Anda selama setahun terakhir. Pastikan bos Anda tahu persis kontribusi Anda ke tim, keterampilan baru yang Anda dapat, prestasi apa yang telah Anda terima selama setahun terakhir, dan rencana terperinci Anda untuk kesuksesan di masa depan.

Baca juga  8 Prediksi Global 2019 AT Kearny

Sekali lagi, ingat! jangan meminta kenaikan yang tidak masuk akal. Juga jangan mengeluh tentang masalah keuangan Anda. Mungkin ini adalah alasan Anda perlu kenaikan gaji, tetapi ini bukanlah alasan untuk Anda mendapatkan gaji.