Gambar: Wikimedia Commons

Rencana Honda untuk membangun sebuah pabrik mobil baru di Indonesia nampaknya akan segera terwujud. Peletakan batu pertama dilakukan hari ini (4/6/2012) di lokasi pembangunan di daerah Karawang, Jawa Barat. Nantinya di pabrik ini Honda akan memproduksi mobil mini Honda Brio yang merupakan sebuah MPV dengan harga terjangkau.

“Di tempat ini kami akan membangun pabrik mobil baru di Indonesia. Pembangunan ini akan meningkatkan kapasitas produksi kami dari 60.000 unit pertahun menjadi 180.000 unit pertahun,” kata Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor, Tomoki Uchida.

“Pabrik ini akan memproduksi mobil Honda model baru, dan akan menjadi salah satu pabrik terbesar Honda di Asia,” tambahnya.

Honda memang memiliki lahan di Kawasan Industri Mitrakarawang dengan luas 512.500 meter persegi. 97.575,79 diantaranya telah ditempati oleh pabrik-pabrik Honda yang memproduksi Honda Jazz, Honda CR-V dan Honda Freed. Pabrik-pabrik yang telah ada ini juga akan dikembangkan menjadi 192.575,79 meter persegi.

Fasilitas yang ada di pabrik Honda cukup beragam, mencakup fasilitas Stamping, Press, Welding, Painting, Assembling, Vehicle Quality, Road Test, Car Pool, dan Engine Plant.

Selain memproduksi komoditi untuk pasar domestik, pabrik Honda yang menampung 3600 tenaga kerja tersebut juga telah menjadi supplier komponen mobil seperti komponen mesin cylinder head dan cylinder blocks serta komponen berbagai mobil seperti Hood Comp, Panel RR Inside, R/L Inside, Skin Hood, Frame Hood hingga berupa produk utuh seperti Honda Freed ke berbagai negara.

Untuk pabrik baru Honda nanti, rencananya akan mampu menampung tambahan tenaga kerja antara 2000 hingga 5000 orang dan diperkirakan akan menyerap 50.000 tenaga kerja di pabrik-pabrik pemasok suku cadang, serta 6000 orang di 62 jaringan baru Honda di Indonesia.

Baca juga  Tahun Politik, Kinerja Perbankan di Kuartal I Cukup "Apik"

Untuk membangun pabrik tersebut, Honda mengeluarkan dana hingga Rp3,1 triliun. Pabrik baru tersebut rencananya akan bisa memulai produksinya pada kuartal 1 tahun 2014.

 

Sumber: detikOto