Peserta pelatihan Design of Experiments (DoE). Foto: doc. SSCX.

Perusahaan konsultan quality management SSCX International kembali gelar pelatihan Design of Experiments (DOE) Fundamental yang diadakan pada tanggal 14-16 Mei di The Park Lane Hotel. Pelatihan ini diikuti oleh berbagai peserta dari berbagai latar belakang perusahaan, dan difasilitasi oleh konsultan SSCX, Yophi Yulindo, yang telah berpengalaman dalam memimpin proyek-proyek Lean Six Sigma berskala Black Belt.

Program interaktif ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar kepada peserta untuk memahami cara mempersiapkan sebuah eksperimen dengan benar, sehingga mampu melakukan eksperimen riil di lingkungan bisnis transaksional/retail, jasa, ataupun manufaktur.

Selain itu, pelatihan DOE ini akan membuat peserta mampu menentukan faktor-faktor yang signifikan yang mempengaruhi respon yang sedang diteliti. Hal ini dikarenakan praktisi harus mampu menentukan parameter yang signifikan dan harus dikontrol selama proses, dan mana saja yang dapat diabaikan.

“Pelatihan ini memberikan pengetahuan dasar yang baik mengenai DOE,” kata Mohamad Ruiyat, salah satu peserta dari PT Seiwa.

Design of Experiments atau DOE sendiri adalah sebuah pendekatan sistematik yang digunakan untuk menyelidiki sistem ataupun proses. DOE adalah desain yang digunakan untuk mengumpulkan informasi berdasarkan pengalaman yang ada di lapangan yang menyebabkan terjadinya variasi dalam proses.

Peran DOE adalah sebagai cara formal untuk mendapatkan informasi yang maksimal, dan memudahkan praktisi improvement untuk melakukan penilaian pada variabel input dan output secara signifikan.

Baca juga  3 Cara Mengganggu Industri yang Sudah Mapan