Lean Manufacturing tentu bukan hal baru lagi bagi Anda yang berada di bidang manufaktur. Metode populer ini telah menjadi filosofi penting bagi perusahaan yang ingin bersaing secara efektif di lingkungan global yang semakin kompetitif.

Pada dasarnya, prinsip kerja Lean adalah membantu perusahaan untuk menjadi lebih efisien. Dengan menggunakan tools Lean, perusahaan dapat mengidentifikasi dan menghilangkan limbah atau pemborosan (waste) yang ada dalam sistem operasi mereka. Seperti kita tahu, ada berbagai macam bentuk pemborosan yang mungkin terjadi di perusahaan, mulai dari yang berbentuk fisik seperti masalah pengemasan, hingga yang tidak terlihat, pemborosan waktu, misalnya. Terlepas dari bentuknya, pemborosan akan selalu berdampak buruk pada efisiensi dan laba perusahaan.

Implementasi Lean memberikan sejumlah manfaat jangka panjang bagi bisnis. Meskipun pendekatan ini sangat mudah dipahami, seringkali perusahaan menemukan kesulitan dalam praktek implementasinya. Beberapa tantangan itu diantaranya adalah mengembangkan kepemimpinan lean dan memperkenalkan model pengurangan biaya produksi (mungkin karena keduanya sama-sama hal baru yang selalu berisiko mengundang resistensi). Sebab itu, adalah penting untuk menghadirkan sudut pandang yang baru dan prosedur manajemen yang lengkap.

Menerapkan Lean akan membuat Anda lebih fokus pada upaya menambah nilai pada sistem operasi, menjadikan Anda  semakin dekat dengan tujuan bisnis. Contoh perusahaan yang berhasil mendapat manfaat besar dari Lean adalah Danaher. Sejak pertengahan 1980-an, mereka mengintegrasikan pemikiran lean dan peningkatan berkelanjutan (continuous improvement) untuk menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Danaher mengakuisisi perusahaan yang lebih kecil dan meningkatkannya dengan pendekatan lean dengan menggunakan konsep DBS: The Danaher Business System. Dalam hal ini, Danaher telah berhasil mendapatkan salah satu dari sekian banyak manfaat Lean, yaitu melakukan analisa siklus hidup untuk terus menjadi kompetitif. Mereka terus mengevaluasi kinerja perusahaan dan segera membuat strategi yang diperlukan untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Dengan kata lain, pendekatan lean telah mendorong perusahaan untuk tidak merasa nyaman dengan kesuksesan saat ini dan terus mendorong perusahaan lebih cepat membuat peta jalan untuk beradaptasi dengan perubahan kondisi.

Baca juga  Lean Six Sigma untuk Industri Service

Bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam tentang apa itu Lean Manufacturing, kenapa banyak perusahaan kelas dunia menjalankan metode ini, dan mindset apa saja yang dibutuhkan untuk berhasil dalam implementasi Lean, Anda bisa bergabung di program SSCX Webinar Series “Lean Manufacturing” Kamis, 16 April 2020 pukul 13.30 – 15.00 WIB dengan meng-klik link https://bit.ly/SSCXWebLM . Webinar ini dapat diakses secara gratis sehingga memudahkan kita semua untuk mengenal lebih dekat apa itu Lean Manufacturing.