Pandemi virus corona menyebabkan kegiatan bisnis menjadi terbatas, membuat banyak pelaku bisnis tertekan. Namun meskipun dilanda badai krisis, bisnis harus terus berjalan dan menemukan caranya untuk pulih.

Tantangannya adalah meski situasinya mendesak, rencana yang tergesa-gesa bisa menjadi boomerang di masa depan.  Untuk itu, para pelaku bisnis harus menemukan cara baru yang dapat mempercepat pemulihan bisnis pasca krisis. Khususnya, perusahaan-perusahaan yang bersifat B2B (business to business) perlu segera memikirkan kembali strategi penjualan dan pemasaran mereka untuk bisa memenuhi tuntutan masa depan.

Tim sales dan marketing adalah pejuang garis depan di era krisis

Untuk bertahan dan berkembang di era pasca krisis, perusahaan harus lebih tangguh dalam merespons perubahan. Artinya, perlu ada kemampuan yang efektif untuk mengatasi setiap kenyataan baru di lapangan, menempatkan tim sales dan marketing berada di garis depan dalam masa krisis ini. Dalam menghadapi perubahan yang belum pernah terjadi ini, Forbes membagikan lima cara pemasaran yang dapat memitigasi risiko dan meningkatkan layanan pelanggan.

1. Bersikap membantu. Pertama pastikan pesan Anda secara keseluruhan relevan dengan prospek dan pelanggan Anda. Setiap pesan perusahaan Anda harus menunjukkan pemahaman tentang kebutuhan mendesak audiens Anda selama masa krisis ini. Berikan penawaran yang mendukung, seperti persyaratan pembayaran yang diperpanjang atau uji coba gratis. Ingat bahwa keadaan saat ini sangat berbeda dari keadaan di awal tahun lalu, jadi apa yang Anda rencanakan untuk tahun 2020 bisa jadi tidak relevan, Anda harus mengembangkan pesan bijaksana yang lebih baik untuk mengatasi kenyataan baru ini

2. Tunjukkan kredibilitas. Ulasan positif tentang perusahaan Anda menunjukkan kredibilitas Anda. Penelitian baru dari PowerReviews menemukan bahwa ulasan menjadi lebih penting di era COVID-19. Bukan rahasia bahwa konsumen mengandalkan ulasan online sebelum membuat keputusan pembelian, ini juga berlaku di pemasaran B2B. Jika bisnis Anda memiliki ulasan positif dari pelanggan, tampilkan di situs web Anda dan di seluruh platform digital untuk menarik konsumen ke bisnis Anda. Ini akan membantu Anda meningkatkan leads.

3. Bersikap sabar. Jangan menyerah,  realita ekonomi di era COVID-19 menunjukkan bahwa pembeli saat ini mungkin tidak memiliki sarana atau kemampuan untuk membeli. Namun ini bukan berarti mereka tidak tertarik dengan produk atau layanan Anda. Sebab itu, bangunlah strategi untuk memastikan perusahaan Anda tetap kompetitif setelah pasca krisis.

Baca juga  Lima Langkah Sistematis yang Menentukan Keberhasilan Implementasi TPM

4. Agile. Di era krisis ini, pastikan Anda selalu berinvestasi tepat dengan pasar. Misal, acara pameran atau konferensi telah banyak yang dibatalkan. Anda harus mulai menyesuaikan rencana dan anggaran untuk meningkatkan permintaan secara efektif seperti optimalisasi pencarian berbayar (search paid) di beberapa platform utama.

5. Fokus pada target. Mengingat ini adalah kondisi krisis, tidak semua perusahaan siap membayar penawaran Anda. Fokuskan upaya Anda pada perusahaan yang kurang terpengaruh. Ini sangat penting sekarang, karena keberhasilannya tinggi. Sampaikan pesan yang sesuai dan konten yang relevan bahkan premium.

Tim sales dan marketing adalah ujung tombak perusahaan, mereka yang dapat beradaptasi dengan keadaan baru akan memainkan peran penting dalam membantu organisasi untuk selamat dari badai COVID.  Tetapi karena tren pasar terus berubah, keterampilan di bidang pemasaran pun kini menjadi prioritas di semua perusahaan. Salah satu pelatihan yang paling diminati yaitu pelatihan teknik closing.

SSCX akan kembali mengadakan pelatihan CLOSE THE DEAL! GAK PAKE RIBET pada tanggal 4 – 5 Agustus 2020. Pelatihan ini akan dibawakan langsung oleh COO SSCX, Rifki Rizal Derrian dan dipersiapkan secara khusus untuk teman-teman sales dan marketing yang saat ini tengah berjuang menyelamatkan tingkat penjualan perusahaan. Metode dalam live online training CLOSE THE DEAL! GAK PAKE RIBET  ini sudah dibuktikan oleh banyak praktisi sales, membuat mereka berhasil meningkatkan tingkat sales perusahaan hingga dua kali lipat bahkan lebih.

Informasi dan pendaftaran hubungi  Wa.me/628175763021  atau event@sscx.asia