Sebagai upaya menghambat penyebaran COVID-19, Presiden RI Joko Widodo pada Minggu, 15 Maret 2020 memberikan arahan kepada masyarakat untuk melakukan aktivitas di rumah. “Dengan kondisi ini, saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah. Inilah saatnya bekerja bersama-sama, saling tolong menolong, dan bersatu padu, gotong royong, kita ingin ini menjadi sebuah gerakan masyarakat agar masalah COVID-19 ini bisa tertangani dengan maksimal”.

Menanggapi kebijakan tersebut, beberapa perusahaan termasuk SHIFT Indonesia pun segera mengambil kebijakan remote working atau lebih dikenal dengan work from home (WFH).  

WFH atau bekerja dari rumah menjadi impian pekerjaan bagi jutaan pekerja dan tentu ada ratusan perusahaan yang menawarkan pola ini. Sebelum wabah virus corona merebak, banyak organisasi yang mulai memasukkan WFH ke dalam program karyawan. Untuk menjalankan program ini tentu organisasi akan lebih dulu mengatur infrastrukur utuk bisa bekerja jarak jauh. Tetapi ini berbeda dengan kondisi sekarang, untuk mengantisipasi penyebaran corona, banyak organisasi dan sekolah harus melakukan pekerjaan dengan WFH tanpa persiapan yang cukup, mungkin organisasi Anda salah satunya.

Beberapa karyawan akan merasakan bekerja dari rumah untuk pertama kalinya, dengan kata lain mereka harus mencari tahu bagaimana untuk tetap melakukan pekerjaan di rumah yang mungkin tidak mendukung produktivitas. Namun, tidak perlu khawatir ya excellent people, sebab ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kekhawatiran tersebut dengan mengikuti lima tips dari Forbes berikut ini:

  1. Bertindak Seperti Anda Pergi Ke Kantor

Bekerja dari rumah bisa menjadi kenikmatan, namun yang perlu diingat adalah kita tetap dihadapkan pada kenyataan bahwa bekerja dari rumah diberlakukan sebagai kewajiban penuh waktu. Ya, mungkin Anda memiliki lebih banyak waktu di rumah karena tidak melakukan perjalanan (ke kantor). Tetapi penting untuk tetap bangun tepat waktu, bersiap-siap untuk bekerja dan mengatur ruang khusus dimana Anda dapat bekerja dengan nyaman. Kemudian duduklah di meja Anda dan lakukan pekerjaan Anda dengan tujuan yang jelas!

Baca juga  Mengenal Tiga Fase Penting dalam Kaizen Event

2. Miliki Daftar Pekerjaan

Ketika Ada bekerja dari rumah Anda harus menjadi manajer bagi diri sendiri. Oleh karena itu Anda harus bisa mengelola produktivitas termasuk mereka yang ada di tim Anda. Untuk itu, di setiap akhir waktu Anda tulislah daftar tugas dan tujuan Anda untuk hari berikutnya sehingga Anda memiliki fokus yang jelas sehingga tidak perlu membuang waktu di pagi hari. Segmentasikan apa saja yang akan Anda lakukan dan kapan Anda akan melakukannya sepanjang hari; berikan diri Anda waktu istirahat sehingga Anda bisa tetap fokus dan menghindari kelelahan.

3. Berpikir Seperti Pengusaha

Karena pandemi Virus Corona mempengaruhi ekonomi global, kita harus melihat bagaimana kita bisa menambah nilai bagi organisasi atau tim. Pikirkan apa yang dapat Anda lakukan untuk mendefinisikan masalah dan mencari solusi untuk membantu perusahaan Anda bertahan di atas kondisi yang tidak terprediksi ini. Kita semua harus pergi ke arah yang sama untuk bersatu dan memastikan bisnis tetap bertahan.

Berpikir ‘intrapreneurially’ adalah memiliki pola pikir pengusaha dalam karir Anda dan karenanya Anda harus melihat program Anda sebagai bisnis Anda sendiri. Apa yang akan Anda lakukan untuk membantu perusahaan, bagaimana Anda bisa menambah nilai, kemudian bagaimana Anda harus menghadapi masalah khususnya pandemi yang saat ini menjadi momok besar bagi bisnis.

4. Menjaga Komunikasi

Dalam era teknologi, bekerja dari jarak jauh atau bekerja dari rumah tidak harus berarti bekerja secara terpisah. Jika Anda biasanya mengadakan rapat tim mingguan, Anda masih bisa mengadakan rapat tim dengan memanfaatkan banyak teknologi. Jika Anda biasanya tidak memiliki pertemuan tim, yah mungkin ini adalah saat yang tepat untuk memulai. Mari kita jaga semangat tim dengan menjadwalkan panggilan dan pertemuan seperti biasa, kita juga bisa memeriksa rekan kita dan melihat apakah mereka mampu mengatasi masalah atau sedang membutuhkan bantuan.

Baca juga  Lima Prinsip Sukses Change Management

5. Lakukan exercise

Jika Anda terbiasa melakukan perjalanan sehari-hari, Anda tentu terbiasa dengan sedikit berjalan kaki, bersepeda dll. Jadi jika memungkinkan, mulai saat ini masukkan kegiatan ini ke dalam rutinitas harian Anda. Sebab meskipun bekerja dari rumah, kebugaran fisik dan pikiran tetap diperlukan.