Jika saat ini Anda sedang mempelajari apa itu Lean, mungkin Anda sudah familiar dengan istilah Gemba. Bahkan, mungkin saat ini Anda pun mulai terbiasa untuk melakukannya. Gemba merupakan salah satu cara terbaik untuk melihat langsung proses apa saja yang berhasil dan yang tidak, tanpa perantara. Artinya, Anda sendiri yang melihat proses tersebut.

Menurut Bill Wilder inilah cara terbaik untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan dalam membuat keputusan terbaik dengan cara yang paling seefisien mungkin. Sebagai contoh kasusnya kita bisa melihat bagaimana maskapai penerbangan Lion Air menghadapi masalah terkait sejumlah insiden yang terjadi akhir-akhir ini. Kemenhub memberikan waktu dua bulan kepada maskapai Lion Air untuk memperbaiki kinerjanya. Lantas apa saja perbaikan yang dijanjikan oleh Lion Air?

Menurut Managing Director Lion Group Daniel Putut Kuncoro Adi, ada sejumlah komitmen untuk perbaikan, meliputi :

1. Menyediakan pilot dan co-pilot atau air crew yang lebih banyak. Hal ini agar tidak terjadi keterlambatan penerbangan atau delay yang terlalu lama. Indeksnya menjadi 1 pesawat banding 5 set air crew. Dengan peningkatan awak pesawat diharapkan dapat membuat operasional pesawat semakin lancar.

2. Menyiapkan pesawat cadangan di beberapa bandara kota-kota besar Indonesia. Sehingga, jika pesawat utama mengalami masalah, maka akan ada cadangan pesawat yang bisa langsung digunakan.

3. Menyiapkan pesawat berbadan lebar. Hal ini untuk mengcover beberapa bandara yang bisa dilandasi dengan pesawat berbadan lebar.

4. Memperbaiki unit customer care yaitu menyiapkan kompensasi-kompensasi yang sesuai dengan aturan.

Perbaikan inilah yang kita sebut Gemba. Gemba mengarah pada keunggulan operasional (operational excellence) artinya membuat setiap proses operasional berada pada level kinerja yang optimal. Melihat masalah, memperbaikinya, lalu melanjutkan proses yang sudah diperbaiki tersebut. Hal ini membuat lean di terapkan sebagai sebuah arsitektur melalui: value stream mapping, mendesain ulang proses, lalu menerapkan proses yang sudah didesain ulang tersebut.

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.