Presiden SpaceX, Gwynne Shotwell sangat yakin dengan hal ini. Menurutnya, dalam satu dekade ke depan perusahaaan akan meluncurkan orang ke Mars secara teratur.

Wawancaranya dengan Marketplace NPR, Shotwell – yang juga menjabat Chief Operating Officer SpaceX (COO) – mengatakan dengan melihat perkembangan cepat roket mereka yang lain sebagai alasan untuk mempercayai itu. “Saya pikir kita akan memiliki mesin yang tentunya mampu membawa orang ke Mars dan kembali dalam 10 tahun,” katanya dikutip SHIFT Indonesia dari Forbes. “Tidak ada program yang kami selesaikan lewat dari 10 tahun.”

Shotwell menyoroti Falcon 9, yang mulai dikembangkan pada tahun 2006 dan diluncurkan untuk pertama kalinya pada tahun 2010. Sementara itu, mereka juga mengembangkan kapsul Dragon dalam jangka waktu yang sama sebelum perdana terbang pada tahun 2010.

“Kami baru berbisnis selama 16 tahun,” lanjutnya. “Dan apa yang telah kami lakukan dalam 16 tahun? Kami telah terbang 65 kali, menerbangkan Falcon Heavy, 16 misi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, dan mengembangkan kapsul awak yang siap terbang. ”

SpaceX, yang didirikan oleh Elon Musk pada tahun 2002, kemudian bercita-cita membawa orang ke Mars menggunakan “Big Falcon Rocket “(BFR), roket baru dan besar yang baru-baru ini dinamai Starship. Musk pertama kali memperkenalkannya pada 2016, ia berencana meluncurkan orang ke Mars paling lambat 2024. Meskipun kita semua bisa melihat adanya tantangan teknis yang begitu besar, banyak pihak yang optimis dengan proyek milik SpaceX. Analis industri Caleb Williams, misalnya. “Saya optimis terhadap prospek SpaceX dalam melakukan ini,” tetapi kita juga melihat tantangannya begitu besar. Hal ini diakui oleh konsultan SpaceWorks kepada Caleb bahwa. “Dari perspektif teknis ada sejumlah tantangan yang terkait dengan melakukan hal ini, [meskipun] tantangan dapat mereka atasi.” Caleb menyimpulkan bahwa keuangan akan menjadi tantangan terbesar. “Ekonomi, saya mungkin sedikit lebih khawatir. Kemampuan mereka untuk mendanai ini akan menjadi lebih menantang daripada rintangan teknis. ”

Baca juga  Catat Rekor Penjualan, Apa Rahasia Boeing?

Nampaknya SpaceX tidak pernah menunjukkan keinginan untuk menyerah sedikit pun. Ini bisa kita lihat dari ambisi tinggi yang mereka miliki. Bahkan sejauh ini mereka berhasil memenuhi janji-janji mereka. Tetapi untuk terbang ke Mars dalam 10 tahun ke depan? Who knows.

Sumber: Forbes