Produktivitas, efisiensi, dan skalabilitas saling terkait satu sama lain. Produktivitas yang lebih baik berarti mendorong efisiensi semakin tinggi sehingga menghasilkan skalabilitas bisnis yang lebih baik. Ketiganya adalah senjata Anda untuk merangkul masa depan yang penuh dengan ketidakpastian. Masih bingung? Simak penjelasannya di bawah ini!

Produktivitas dan Efisiensi

Apakah Anda lebih suka melakukan hal yang sama dengan sumber daya lebih sedikit, atau melakukan lebih banyak dengan sumber daya yang sama? Inilah teka-teki yang disajikan dalam artikel Harvard Business Review (HBR) yang berjudul Great Companies Obsess Over Productivity, Not Efficiency.” Dalam artikel ini disebutkan bahwa tidak sedikit dari pelaku bisnis belum memahami perbedaan antara produktivitas dan efisiensi sehingga tidak bisa mencapai pertumbuhan optimal di perusahaan. Sebab itu, mari kita kenali dulu perbedaannya!

Produktivitas adalah mengukur seberapa besar jumlah yang dihasilkan setiap karyawan selama periode waktu tertentu. Ini bisa kita hitung berdasarkan jumlah output dibagi dengan jumlah pekerja. Misal Anda menghasilkan 100 produk sehari dengan 2 pekerja, maka produktivitas pekerja Anda adalah 50 produk per hari. Sementara efisiensi adalah tentang memanfaatkan sumber daya yang dimiliki sebaik mungkin sehingga bisa meminimalkan biaya. Dengan kata lain efisiensi akan membuat Anda lebih fokus pada proses yang sama dengan waktu atau sumber daya yang lebih sedikit.

Lalu mengapa kedua hal ini saling dikaitkan satu sama lain? Sebab, menjadi produktif atau menjadi efisien dalam operasi sehari-hari adalah dua hal yang sama penting dalam bisnis dan saling berkaitan. Misal, ketika Anda fokus pada produktivitas maka Anda akan menciptakan lebih banyak nilai dengan jumlah sumber daya yang sama. Dari contoh di atas, ketika Anda berhasil meningkatkan produktivitas pekerja menjadi 60 produk per hari (tanpa diikuti penambahan biaya), itu berarti Anda telah meningkatkan efisiensi perusahaan. Ketika efisiensi meningkat maka secara otomatis daya saing perusahaan menjadi lebih tinggi.  Sampai sini sudah jelas bukan?

Baca juga  Teknologi IoT Sangat Menjanjikan bagi Industri

Efisiensi Mendorong Skalabilitas Bisnis

Dengan biaya yang lebih sedikit, maka Anda dapat meningkatkan jangkauan produk dan mulai menciptakan lebih banyak produk. Tentunya ini akan membantu Anda meningkatkan pertumbuhan bisnis. Proses bisnis yang efisien akan memberikan Anda peluang lebih besar untuk berkembang dan memasuki pasar baru.

YA! Seperti kita tahu, bisnis yang menguntungkan adalah ketika bisnis mampu meningkatkan output sementara biaya tetap terjaga. Jika Anda menggunakan model bisnis ini maka sudah pasti bisnis akan memiliki keuntungan jangka panjang demikian juga nilai perusahaan yang akan terus meningkat. Nah, di era yang penuh dengan ketidakpastian ini, beralih dari cara kerja biasa ke pemikiran yang holistik sangat diperlukan. Banyak kemungkinan yang bisa terjadi dan beberapa diantaranya bersifat mendesak. Namun, menjadi produktif, efisien dan skalabel adalah keharusan  untuk menavigasi operasi bisnis di era kenormalan baru seperti saat ini. Pertanyaannya kemudian adalah bagaimana agar bisnis bisa menjadi produktif, efisien dan skalabel meski menghadapi pandemi Covid-19?

Pada tanggal 22 Juli 2020 mendatang, SSCX International akan mengadakan SSCX Executive Webinar: Improving Business Productivity, Efficiency, and Scalability through Lean, Agile, and Digital Practice. Webinar yang akan dipandu langsung oleh COO SSCX International, Rifki Rizal Derrian ini akan menghadirkan solusi praktis untuk bisnis Anda selama menghadapi krisis dan mempersiapkan bisnis paska krisis Covid-19. Adapun Pembicara yang hadir dalam executive webinar kali ini adalah Bobong Aditya, Head of Lean Management of CAS Food Solution; Fajar Dhirendra Gregory, Technology Subject Matter Expert – SSCX International; dan juga Fredy Suprastyono GM Produksi PT Waskita Beton Precast, Tbk. Ketiga pembicara inspiratif ini akan membagikan best practice berdasarkan pengalaman mereka dalam mentransformasikan bisnis dan menciptakan competitive advantage di organisasinya.

Baca juga  Inilah Skill yang Wajib Dimiliki Para Pemimpin di Era Covid-19

Dapatkan inspirasi dan tips implementasi terkait program “Rapid Productivity, Business Efficiency & Scalability” yang berhasil menciptakan efisiensi jutaan dolar dan budaya organisasi yang luar biasa dari SSCX Executive Webinar: Improving Business Productivity, Efficiency, and Scalability through Lean, Agile, and Digital Practice. Webinar ini diselenggarakan khusus untuk Anda para Leaders, middle-up management organisasi. Info dan pendaftaran hubungi  08175763021.

SSCX Executive Webinar Improving Business Productivity, Efficiency, and Scalability through Lean, Agile, and Digital Practice, 22 Juli 2020

Sementara itu, jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang program yang diadakan oleh SSCX International, perusahaan konsultan operational excellence terbaik di Indonesia atau ingin mendapat lebih banyak saran bisnis dari SSCX International hubungi tim support SSCX International di event@sscx.asia atau 08175763021.