Sehat itu mahal harganya apalagi sakit. Maka lebih baik mencegah sebelum mengobati. Sebagai langkah awal kita dapat melakukan medical check up untuk mendeteksi penyakit sejak dini.

Kesehatan yang prima hanya dapat diperoleh dengan investasi kesehatan sedini mungkin. Salah satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check up secara rutin. Namun, medical chek up masih awam dilakukan oleh masyarakat karena tidak merasakan sakit. Sebenarnya orang yang tidak sakit bisa ada dua kemungkinan pertama memang dia tidak sakit atau dia sudah terkena penyakit namun belum merasakan gejalanya. Ketika seseorang dihadapkan dengan kondisi ini, diperlukan kesadaran dan peran aktif untuk melakukan tindakan pencegahan (preventive strategy).

Medical check-up yang rutin dilakukan akan membantu Anda menemukan gangguan kesehatan sebelum mereka berkembang menjadi penyakit yang lebih parah lagi. Sebab, peluang gangguan kesehatan tersebut untuk disembuhkan masih sangat besar. Dengan melakukan medical check-up, tentunya kita sudah beberapa langkah lebih maju menuju hidup yang sehat karena kesehatan kita mendapat penanganan yang tepat.

Medical check-up idealnya terdiri atas bermacam pemeriksaan seminimal mungkin yang dapat mendeteksi ada atau tidaknya penyakit yang umum terjadi di masyarakat dan mengetahui risiko terjadinya penyakit yang berpotensi membahayakan di kemudian hari. Dengan demikian, kita dapat mencegah berkembangnya penyakit dengan melakukan pengobatan secepat mungkin. Cek kesehatan atau medical check-up merupakan hal yang terdengar sepele namun memiliki berbagai manfaat dan keuntungan jika dilakukan dengan teratur. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat melalui medical check-up :

  1. Mendeteksi Penyakit Sejak Dini, semakin cepat penyakit bisa dikenali maka akan semakin cepat pula penanganan sehingga peluangg kesembuhan akan lebih besar.
  2. Mengurangi Biaya Medis Jangka Panjang, biaya yang dikeluarkan untuk medical chek up tentu tidak akan sebesar biaya pengobatan akibat penyakit yang tidak terdeteksi secara dini.
  3. Mendorong untuk Hidup yang lebih Berkualitas, dengan mengetahui kondisi kesehatan kita saat ini maka kita akan mampu menjalani kehidupan dengan lebih baik.

Setelah membaca artikel ini masihkah Anda berfikir medical chek-up itu tidak penting dan hanya membuang-buang uang?