Apa yang bisa dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawan? Semua tentu sepakat dengan “kenaikan gaji” sebagai jawabannya. Tetapi excellent people, penting untuk diketahui bahwa kenaikan gaji tidak menjadi jaminan, karena terkait gaji akan selalu disesuaikan dengan job desk karyawan dan budget perusahaan.

Selain itu, kenaikan gaji belum tentu menciptakan loyalitas karena saat karyawan ditawarkan gaji lebih tinggi di perusahaan lain, bisa jadi ia meninggalkan perusahaan Anda dengan mudahnya. Lantas apa cara terbaik untuk meningkatkan kinerja karyawan?

Jawabannya adalah memunculkan rasa memiliki atau sense of belonging di hati tiap karyawan. Dengan ikatan dan “rasa memiliki” pada perusahaan tempatnya bekerja, karyawan tak hanya berusaha memberikan yang terbaik untuk perusahaannya, tetapi juga memberikan loyalitasnya.

Karena apapun yang ditawarkan perusahaan lain padanya, tak serta merta membuatnya pindah, karena ada hal-hal lain yang menurutnya tak bisa ditinggalkannya dengan mudah di perusahaan yang sekarang. Berikut adalah cara-cara yang bisa membantu Anda dalam meningkatkan sense of belonging karyawan Anda.

1. Sambut karyawan baru dengan baik
Saat karyawan bergabung dengan perusahaan Anda, mereka tak hanya harus mengetahui apa yang Anda harapkan dari mereka, tapi mereka juga harus tahu apa artinya mereka bagi perusahaan, dan seberapa bernilainya mereka bagi perusahaan Anda.

2. Bangun visi & misi bersama
Karyawan merasa lebih percaya akan masa depan mereka di perusahaan Anda jika mereka merasa pemimpinnya akan membimbing mereka ke tujuan mereka. Sampaikan visi dan misi jangka panjang perusahaan, dan libatkan keputusan karyawan agar mereka merasa memiliki andil dan rasa berjuang bersama.

3. Berikan Apresiasi
Perlihatkan bahwa Anda benar-benar peduli, menghormati, dan menghargai karyawan Anda. Bahkan sesederhana kata “tolong” dan “terima kasih”. Perlakukan mereka sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Ketika Anda meluangkan waktu untuk mengenal karyawan Anda, Anda juga akan belajar apa jenis pujian yang dapat memotivasi bagi mereka.

Baca juga  Mengenal Tiga Prinsip Dasar Lean