Budaya internal dan komitmen terhadap continuous improvement adalah kunci utamanya.

Kemajuan teknologi dan meningkatnya ekspektasi pelanggan menandakan bahwa bisnis harus melakukan perubahan, baik itu melalui pengembangan ataupun pengenalan produk baru. Dengan merangkul inovasi dan desain inventif juga dapat membantu memecahkan di organisasi. Tapi apa arti dari inovatif? Mendengarkan kebutuhan pelanggan dengan cermat dan memahami tantangan adalah kuncinya. Menempatkan umpan balik sebagai hal penting dalam melakukan pengembangan produk untuk memenuhi keinginan pasar.

Ada beberapa faktor penting dalam berjalannya suatu inovasi, diantaranya yaitu budaya internal, hubungan baik dengan pelanggan, komitmen terhadap continuous improvement, dan R&D. Munculnya pesaing-pesaing baru dengan harga yang lebih murah, maka kita harus lebih kompetitif, tetap terdepan di segala aspek bisnis untuk tetap menjadi pemimpin pasar. Kita harus berinovasi berdasarkan kebutuhan pelanggan. Seiring dengan produk inovatif, kita juga harus menjaga kualitas dan konsistensi penjualan dan perbaikan atau dukungan layanan.

Mengembangkan Budaya Inovasi

Lingkungan yang inovatif bisa menjadi tantangan tersendiri bagi organisasi dalam hal mempertahankan dan mengembangkannya. Untuk itu, diperlukan adanya kombinasi tepat antara standar proses dengan kebebasan memberikan ide.

Metodologi yang konsisten dalam menjaga fokus dan energi kreatif pada masalah akan lebih berfungsi daripada menempatkan fokus penuh pada proses. Perusahaan yang telah menjalankan metode ini adalah Cummins Allison, satu-satunya pabrikan AS yang tersisa di industri “currency and coin handling systems”. Mengutip Industryweek, melalui struktur tersebut, Cummins Allison telah berhasil mengurangi 50 persen varians (antara rencana dan aktual). Mereka juga berhasil mengalokasikan 5 persen waktu para staf teknik untuk memunculkan ide murni di luar proyek. Sementara para engineers lebih terdorong untuk menggunakan kreativitas mereka untuk memecahkan masalah yang belum terdefinisi dan menantang. Lingkungan yang inovatif seperti inilah yang bisa menciptakan peluang berkembang yang besar, memfasilitasi kemajuan karier, recognition dan kepuasan untuk setiap individu.

Baca juga  9 Langkah Praktis untuk Menjadi Seorang Problem Solver

Sesuai dengan sifatnya, dalam lingkungan yang inovatif pekerjaan menjadi lebih kompleks dan menantang. Namun, kesempatan untuk memecahkan masalah yang kompleks mampu memberikan kepuasan dan meningkatkan engagement karyawan untuk jangka panjang. Adanya tantangan yang menarik dan bermanfaat akan membawa semua orang untuk terlibat dan berusaha mencapainya.

Sumber : industryweek