Jadi, apa investasi yang harus dilakukan perusahaan untuk meningkatkan bisnisnya? Adalah berinvenstasi pada sumber daya manusianya, baik itu dalam perencanaan karirmaupun pengembangan karyawan. Spesialis mengatakan bahwa 40 persen perusahaanmengaku gagal memaksimalkan pertumbuhan karena tidak berinvestasi dalam sumber daya manusia. Jika Anda berada dalam situasi ini, maka yang paling Anda butuhkan saat ini adalah pendekatan“human capital

Pertama mari kita perjelas lebih dulu tentang apa itu pengembangan SDM. Prof. T.V. Rao, seorang former di IIM Ahmedabad (IIMA) mendefinisikan pengembangan SDMsebagai proses yang mana karyawan di sebuah perusahaan dibantu secara terencana untuk meningkatkan kemampuan sehingga bisa menyelesaikan berbagai macam tugas yang berhubungan dengan peran mereka di masa depan. Melalui pengembangan SDM inilah organisasi dapat membentuk manusia yang berkualitas dengan kemampuan kerja dan loyalitas. Dengan kata lain, organisasi sedang membangun dan mengukur nilai ekonomi untuk jangka panjang.


Ini merupakan adalah investasi yang cerdas bagi perusahaan. Juga menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kepuasan dan keterlibatan karyawan. Sederhananya, ketika karyawan merasa manajemen memahami dan menghargai nilai mereka,besar kemungkinan bagi mereka untuk loyal dengan perusahaan, dan terus berupaya meningkatkan nilai perusahaan. Biaya pengembangan SDM merupakan bagian dari biaya operasional perusahaan, namun beberapa perusahaan mengaku tidak berinvestasi dengan baik di bidang ini, baik itu dalam pengembangan karier ataupun pelatihan. Padahal, investasi ini akan membawa dividen ke bisnis itu sendiri.

Nilai karyawan Anda mencerminkan nilai perusahaan Anda. Jika Anda masih ragu, berikut kami akan mencoba menjelaskan alasan mengapa berinvestasi pada sumber daya manusia lebih berharga dibanding sumber daya lain. Pilihan untuk berinvestasi pada pengembangan profesional karyawan akan mendorong lebih banyak kepuasan kerja. Ketika Anda menawarkan kesempatan kepada setiap karyawan untuk tumbuh secara profesional, menunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli dengan karier mereka . Dengan cara ini, karyawan akan lebih puas dengan pekerjaan mereka.

Baca juga  Sudah Kerja Keras Belum Dapat Promosi? Segera Evaluasi Penyebabnya

Dikutip dari Msn Money, sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa 54 persen karyawan menyatakan bahwa peluang karir lebih penting daripada gaji. Sementara, 44 persen karyawan mengatakan bahwa peluang pengembangan profesional yang minim merupakan penyebab utama munculnyastres di tempat kerja. Angka-angka ini berhasil menunjukkan betapa pentingnya pertumbuhan karier bagi karyawan.

Terlebih ketika Anda mempekerjakan Milenial untuk mengisi posisi penting organisasi, Anda perlu memahami bahwa peluang berkembang menjadi hal yang sangat penting bagi mereka. Milenial cenderung meninggalkan posisi mereka jika perusahaan tidak menyediakan peluang ini. Anda mungkin sudah tahu bahwa untuk mengganti karyawan yang berbakat, membutuhkan biaya yang tidak sedikit, inilah alasan yang membuat mereka menjadi lebih bernilai. Jadi, mulai berinvestasilah dalam pengembangan SDM, ini jelas akan membantu Anda meningkatkan nilai perusahaan dan juga membuat karyawan lebih bahagia.

Karyawan yang bahagia akan menjadi karyawan yang lebih produktif, melakukan pekerjaan dengan sepenuhnya. Sebagai wajah perusahaan, karyawan Anda mungkin akan menciptakan kesan yang lebih baik kepada pelanggan ketika mereka merasa puas dengan pekerjaan dan merasa dihargai di kantor. Ketika pelanggan berinteraksi dengan karyawan yang memiliki kepuasan tinggi, mereka pun kemungkinan akan memilikiexperience yang positif dengan perusahaan dan meninggalkan kesan baik pada perusahaan Anda. Karena itu, jika Anda berinvestasi pada tim Anda dan membantu mereka tumbuh secara profesional, mereka akan membawa nilai bagi perusahaan diikuti meningkatnya kepuasan pelanggan.

Dalam lingkungan bisnis yang ideal, setiap karyawan memiliki peluang untuk berkembang di bidang yang diminati dan kemudian memiliki peluang untuk maju di bidang itu. Dengan mempersonalisasikan peluang pengembangan, Anda akan berhasil melibatkan karyawan untuk pertumbuhan bisnis, termasuk meningkatkan ROI.

Seperti Anda ketahui, apapun investasi yang dikeluarkan, ROI atau return of invesment selalu menjadi harapan bagi manajemen, termasuk gaji dan tunjangan karyawan. Namun, bisnis yang baik tidak hanya berinvestasi disini, mereka menyadari bahwa investasi di bidang SDM akan memberi manfaat yang jauh lebih besar. Memberi kesempatan karyawan untuk belajar dan tumbuh sama halnya membangun nilai perusahaan Anda.

Baca juga  Tips Ini Akan Membuat Meeting Anda Jauh Lebih Efektif

Sekali lagi, human capital adalah aset perusahaan Anda yang paling berharga. Tidak hanya merepresentasikan wajah perusahaan, tetapi juga membawa nilai yang lebih besar bagi perusahaan. Alih-alih mengganti karyawan, jadikan perusahaan Anda menjadi tempat dimana setiap orang ingin berada, ingin tumbuh, dan memberikan yang terbaik dalam semua hal.