Kenapa atlet selalu membutuhkan pelatih? Bahkan sekelas Mohammad Ali, atlet tinju profesional yang mempunyai prestasi sangat gemilang pun memiliki pelatih. Mungkin kita akan lebih penasaran lagi jika melihat catatan prestasi pelatihnya masih jauh berada di bawahnya namun Muhammad Ali tetap mempercayainya menjadi pelatih.

Jawabannya adalah karena saat bertanding seorang atlet mempunyai keterbatasan untuk melihat. Melihat pergerakan lawan, membaca strategi lawan, dan menentukan strategi apa yang harus dilakukan untuk menang. Singkatnya pelatih dibutuhkan atlet untuk melihat hal – hal yang tidak mampu dilihatnya sendiri. YA, kita harus menyadari bahwa setiap manusia selalu membutuhkan orang lain untuk memberikan masukan atau kritik. Bukan karena kita tidak mampu untuk melihat dengan benar, tapi karena ada beberapa hal yang memang kita belum bisa membacanya.

Demikian juga hal yang bisa terjadi dalam organisasi Anda. Mungkin Anda dan Team Anda bisa merasakan keberadaan masalah namun belum mengetahui darimana masalah itu berasal. Sehingga terkadang kita mengabaikan masalah tersebut padahal masalah yang terabaikan sebenarnya membutuhkan penanganan yang berpotensi mengarah pada proses perbaikan.

Masalah yang sudah menjadi kerutinan terkadang dianggap tidak penting. Nah untuk mencegah efek bola salju yang bisa terjadi kapan saja karena masalah yang tidak teridentifikasi ini kita bisa menggunakan metode Lean Six Sigma, yaitu mengkombinasikan tool Lean ke dalam proses Six Sigma. Metode DMAIC – Define Measure Analyze Improve Control – akan membantu Anda dalam menghilangkan proses yang terlalu kompleks dengan berfokus pada area yang diperbaiki. Meskipun dilahirkan dari industri manufaktur prinsip dasar Six Sigma ini dapat diaplikasikan di semua jenis industri.

Keberhasilan penerapan Lean Six Sigma tergantung pada kepemimpinan yang baik. Untuk memulainya Anda harus menempatkan orang yang ahli atau seorang Green Belt yang bisa membantu organisasi Anda mengambil insiatif perbaikan.

SSCX International akan menyelenggarakan lagi Pelatihan Lean Six Sigma Green Belt untuk membantu Anda dan perusahaan mempersiapkan seorang Ahli atau Green Belt. Pelatihan Lean Six Sigma Green Belt SSCX International akan diadakan pada 29 – 31 Maret 2017 (week 1) dan 25 – 27 April 2017 (week 2). Sertifikasi ini sebagai bukti kompetisi seorang change agent dalam program improvement Lean Six Sigma. Pelatihan ini juga bisa dijalankan di perusahaan Anda (in house). Info lebih lanjut hubungi 021 576 3020.

Dalam dunia olahraga seorang pelatih bisa dikatakan sukses apabila berhasil mengantar atletnya menjadi Juara. Demikian juga dengan SSCX International , mengukur kesuksesan lewat kesuksesan Anda.

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.