Data akan selalu memberikan wawasan, menjadi kekuatan untuk menjawab setiap tantangan bisnis dan menciptakan keputusan penting. Itulah kekuatan data!

Namun demikian, langkah-langkah strategis terkait data dan penggunaannya juga tidak kalah penting dari data itu sendiri. Nah, kali ini kita akan melihat lebih dalam apa saja proses yang diperlukan untuk menggunakan data ke dalam pengambilan keputusan.

  1. Dibanding pusing memikirkan mulai dari mana atau harus mengakses data yang mana dulu, mulailah dengan mencari tahu apa yang ingin dicapai (tujuan) perusahaan.
  2. Selanjutnya, Anda perlu mengidentifikasi area bisnis mana yang paling penting untuk mencapai strategi Anda secara keseluruhan. Bagi sebagian besar bisnis; area pelanggan, keuangan, dan operasi adalah prioritas yang dilihat.
  3. Temukan dan kumpulkan data. Fokuslah pada data yang dapat membantu Anda menjawab pertanyaan paling mendesak dan memenuhi tujuan strategis Anda. Anda mungkin bisa mendapat data yang siap dianalisa namun, tidak jarang banyak proyek yang memerlukan sejumlah pengumpulan data.
  4. Analisis data. Anda perlu menganalisis data untuk mengekstraksi wawasan bisnis yang bermakna dan bermanfaat. Namun, dalam beberapa kasus, data membutuhkan tangan analitis yang lebih berpengalaman.
  5. Sajikan dan bagikan wawasan. Pastikan bahwa setiap wawasan dari data Anda digunakan untuk membantu pengambilan keputusan bisnis sehingga ke depan dapat menyelesaikan masalah dan meningkatkan kinerja perusahaan.

Mengumpulkan dan memahami data (infomasi) bukanlah masalah sepele terlebih saat ini kita di era informasi digital dan big data. Nah, bagi Anda yang belum memiliki pengetahuan statistik yang baik, maka sangat disarankan untuk mengikuti pelatihan statistik bersama SSCX International dalam online public training “Practical Statistics & Data Analysis” tanggal 27-28 January 2021.

Tunggu apalagi, segera daftarkan diri Anda sekarang juga karena ada special offer 50 % OFF untuk Anda yang mendaftar hari ini! Informasi dan pendaftaran hubungi tim SSCX di event@sscx.asia atau  Wa.me/628175763021.

Baca juga  Inilah 7 Persamaan Lean dengan Pengobatan Tiongkok