Perubahan teknologi akan terjadi di seluruh industri manufaktur dalam satu dekade ke depan. Akan menjadi keuntungan atau kerugian itu tergantung pada keputusan Anda hari ini dalam menginvestasikan waktu dan energi.

Tidak ada pabrikan yang ingin tertinggal karena perubahan lanskap bisnis. Untuk itu semua mempersiapkan transformasi kritis, yang tidak hanya siap untuk merestrukturisasi bisnis Anda, tetapi juga mengikuti modernisasi, mengikutsertakan semua teknologi yang berperan. John Hitch, seorang penulis teknologi dalam artikelnya mengatakan bahwa ada banyak teknologi “futuristik” yang sudah dibangun untuk membantu pekerjaan dan meningkatkan KPI di pabrik. Masih menurut John akan ada banyak teknologi yang akan menjadi tren di masa datang. Teknologi tersebut diantaranya adalah :

1. Teknologi di Industri Fashion

MarketWatch memproyeksikan bahwa industri fashion akan tumbuh dari $1,5 pada tahun 2017 menjadi $2,6 miliar pada tahun 2023, naik hingga 73 persen. Pekerja di industri ini di masa akan datang akan menggunakan smartglasses, biometric sensors, dan perangkat lain yang tidak hanya mengkoneksikan mereka pada data penting, tetapi juga menciptakan IIoP (Industrial Internet of People). Misalnya, Microsoft HoloLens dapat memanggil ahli jarak jauh untuk melakukan perbaikan dan Google Glass dapat merekam video prosedur perakitan dan kemudian memutarnya untuk trainee baru.

2. Cybersecurity: Lebih dari Masalah TI

Ketika kita memigrasi semua hal ke dunia digital, mulai dari komunikasi pekerjaan hingga identitas diri, elemen kriminal selalu mengikuti. Ancaman ini akan terus meningkat secara eksponensial ketika teknologi dibuat menjadi lebih pintar. Perusahaan yang aman harus seperti pasukan hebat, dimana setiap anggotanya dapat menjalankan peran sebagai pelindung. Karena ketika masalah muncul dalam jalur produksi, maka bukan hanya tim IT yang harus bertanggungjawab.

3. Augmented Reality (AR): Cara menuju Efisiensi Baru

Generasi saat ini tidak akan melakukan pekerjaan dengan cara lama, jadi Anda harus menciptakan cara baru. Anda harus mulai mengidentifikasi aplikasi terpotensial saat ini. MarketWatch memperkirakan bahwa pengiriman AR akan tumbuh 75% dari 2017 hingga 2024 dan itu bukan video game. Alasannya, karena semakin banyak informasi pekerjaan yang Anda miliki akan membuat Anda bekerja dengan lebih baik. Mari kita pikirkan mengapa Terminator mengikuti semua angka dan detail yang ada dalam tampilan visualnya?

4. 3D Scanning

Aplikasi manufaktur untuk pemindaian 3D sangat banyak: reverse engineering, additive manufacturing, virtual parts warehouses, quality inspections . Hal ini akan terus berkembang seiring dengan keinginan kita untuk mengubah hal-hal fisik menjadi hal-hal virtual yang juga semakin tumbuh.

5. Mobile Robot Berinvansi

Amazon dan Alibaba bukan satu-satunya yang memiliki robot pemindah yang otonom. Kini banyak produsen dan gudang yang juga menemukan opsi terjangkau untuk aplikasi mereka. Ini semakin penting karena untuk menemukan driver forkflit yang baik menjadi semakin langka. Tren ini akan terus meningkat, tidak ada yang akan menghalangi robot untuk menggantikan pekerjaan banyak orang di tahun 2020.

Baca juga  Pendapatan Ritel F&B Diproyeksi Tembus US$793 juta Tahun ini