Design thinking menjadi metode terpopuler saat ini. Mulai dari Apple hingga Samsung, perusahaan-perusahaan top dunia terkonfirmasi menggunakan metode ini untuk berinovasi. Apa sih design thinking itu?

Seperti kita tahu, menciptakan solusi untuk mengatasi masalah berkepanjangan bisa sangat menyulitkan, terlebih jika Anda tidak tahu bagaimana memulainya. Sebelumnya, dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menjadi inovator profesional, namun kini tidak lagi karena ada design thinking.

Design thinking adalah metode yang menekankan pentingnya kesederhanaan untuk menciptakan nilai sebanyak mungkin bagi pelanggan. Nah, yang membuatnya populer adalah metodenya yang cerdas dengan struktur yang dapat dikelola untuk memberikan hasil bagi setiap stakeholder yang terlibat.

Untuk membantu Anda dan karyawan lebih memahami metode ini, simak empat gambaran besar tentang design thinking yang dihimpun SHIFT Indonesia dari berbagai sumber berikut ini:

1. Design Thinking = Strategi Inovasi

Design thinking adalah kerangka kerja yang dapat digunakan untuk melakukan problem solving atas masalah apapun. Melalui empati dan umpan balik pelanggan Anda bisa meningkatkan nilai bagi pelanggan.

2. Mengajarkan Empati

Mempelajari design thinking seakan membaca rangkaian langkah atau proses yang tak pernah ada habisnya. Rangkaian tersebut terdiri dari lima langkah, mulai dari empati hingga menguji solusi.

3. Mengambil Tindakan

Tidak semua orang bisa mendapat manfaat dari perubahan yang bersifat radikal, namun dengan design thinking Anda dapat membangun sistem dan bisnis yang inovatif bertahan lama. Dengan design thinking, masalah yang kompleks dapat dipecah dan diproses menjadi solusi.

4. Memberi dampak nyata

Proyek-proyek design thinking menunjukkan kepada kita semua bahwa berpikir dan bertindak dengan empati dan inovasi dapat mengubah berbagai bidang kehidupan menjadi lebih baik, memecahkan masalah air minum bersih di pedesaan India misalnya.

Free Webinar Design Thinking

Design thinking mampu mendorong individu dari semua latar pekerjaan untuk menjadikan dirinya sebagai problem solver sejati.

Baca juga  Apa itu 4M + 1E dalam Fishbone Diagram?

Menjadikan human centered sebagai prinsip utama dan berfokus pada proses identifikasi produk, layanan, dan strategi, metode ini membuatmu memahami apa kebutuhan pelanggan yang sebenarnya.

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut metode ini? Bergabung di webinar SSCX Design Thinking, 23 Juni 2022. Webinar ini akan dibawakan langsung oleh praktisi berpengalaman yaitu Ibu Herawati.

Event ini merupakan bagian dari SSCX Webinar Series, serangkaian event gratis yang diselenggarakan oleh konsultan operational excellence, SSCX International, guna mendukung budaya inovasi di Indonesia. Bergabung webinar:https://bit.ly/Webinar-2306