“Terlepas dari fokus perbaikan yang dilakukan perusahaan untuk mencapai operational excellence (people, system, process), semua membutuhkan proses kreatif untuk menemukan pemecahan masalah.”

Operational Excellence atau keunggulan operasi sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan mengerek kinerja perusahaan. Artinya, melalui upaya perbaikan proses bisnis, perusahaan dapat meningkatkan daya saing sekaligus menekan tingginya biaya produksi. Konsep operational excellence sendiri adalah bagaimana perusahaan menempatkan fokus mereka ke dalam upaya menciptakan proses bisnis yang lebih baik, yang juga berarti lebih efisien.

Gambaran dari proses yang efisien adalah dengan menghabiskan biaya yang sama, tanpa harus merekrut atau menambah orang baru, perusahaan mampu menghasilkan output yang lebih besar. Misalnya, melalui perbaikan proses bisnis yang berfokus pada people dan sistem, satu orang bisa menghasilkan output 50 dari sebelumnya yang hanya mampu menghasilkan 30. Tidak hanya fokus pada satu titik (people-red), upaya perbaikan juga bisa dilakukan dalam berbagai ragam, misalnya mengganti komponen penting yang memakan biaya cukup tinggi dengan komponen penting lain yang lebih efisien sehingga biaya dapat diturunkan.  

Setiap karyawan berpotensi memiliki ide-ide yang luar biasa, dari ide-ide inilah organisasi bisa menciptakan operational excellence. Tetapi potensi ide tersebut akan didapat hanya jika organisasi dan individu-individu di dalamnya memiliki proses yang mendukung, yaitu proses berfikir kreatif dalam pemecahan masalah, dimulai dari pemimpinnya. Termasuk kesadaran para pemimpin dalam upaya membangun kualitas SDM yang ada di organisasi. Hal ini disampaikan oleh Riyantono Anwar, komite penyelenggara yang juga bertugas sebagai juri tetap OPEXCON Project Competition, ajang kompetisi bidang continuous improvement paling bergengsi di Indonesia.

“Menurut saya yang penting dalam mencapai operational excellence adalah mindset pemimpin perusahaan mengenai pentingnya SDM sebagai aset. Perusahaan memandang SDM sebagai enablers untuk building capability dalam mencapai tujuan bisnisnya,” terangnya. Seperti halnya tanaman, SDM juga perlu dipupuk, disirami, untuk bisa tumbuh dan berkembang sehingga bisa menghasilkan kinerja yang memuaskan. “Hal ini akan menjadi mutual benefit dan membangun trust relationship. Pentingnya memberikan empowerment ke people dan memberikan mereka ruang untuk berinovasi dan bereksperimen. Termasuk memberi ruang jika mereka melakukan kesalahan saat berinovasi. Meningkatkan skill dan pengalaman melalui pelatihan, coaching, serta wadah yang disediakan sehingga mereka bisa berekspresi dan menciptakan kreativitas,” tambah Riyan. 

Baca juga  Benarkah Obesitas Membahayakan Kesehatan Otak?

Sebagai komitmen nyata terhadap aktivitas continuous improvement, perusahaan juga perlu menciptakan lingkungan yang mempromosikan dan menghargai budaya inovasi. Termasuk mengikutkan semua anggota organisasi untuk terlibat dan berperan dalam transformasi perusahaan, mengintegrasikan sistem inovasi yang ada dengan strategi bisnis perusahaan serta sistem management performance, dan menjaga sustainability budaya continuous improvement dengan melakukan rotasi dan regenerasi.

Dalam upaya mendukung perusahaan mengkampanyekan budaya improvement di organisasinya dan mengkampanyekan budaya improvement kepada khalayak yang lebih luas, SHIFT Indonesia menghadirkan OPEXCON Project Competition. Melalui platform ini SHIFT Indonesia berharap dapat mendorong terjadinya proses transformasi knowledge sehingga para pelaku improvement dari industri manapun dapat mengupdate skill mereka terutama menghadapi perkembangan teknologi yang sangat cepat berubah.

OPEXCON Project Competition 2019

OPEXCON Project Competition kembali hadir tahun ini! Segera daftarkan proyek continuous improvement (CI) Anda dan dapatkan kesempatan untuk mendapatkan penilaian langsung dari para profesional untuk mengetahui kualitas proyek Anda.  

Untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran konferensi dan kompetisi proyek perbaikan bisnis OPEXCON 2019, kunjungi opexcon.com Untuk informasi lebih lanjut mengenai sponsorship di OPEXCON 2019, hubungi SHIFT Indonesia di (021) 576-3020.