Industri dunia telah memasuki era teknologi 4.0, sebuah tahap pengembangan sistem fisik dan cyber yang saling terhubung melalui internet of thing (IoT). Dampak revolusi teknologi 4.0 sangat mempengaruhi industri sektor manufaktur. Industri manufaktur mengalami proses otomatisasi, memunculkan pabrik-pabrik pintar yang menghadirkan cara baru operasional melalui integrasi tren dan teknologi.

Revolusi teknologi membawa konsekuensi tak hanya pada otomatisasi proses operasional industri. Sumberdaya manusia dan sistem manajemen Industri juga turut mengalami penyesuaian. Sumberdaya manusia yang berdaya saing dan terlatih tetap menjadi prioritas. Pola rekrutmen, talent management dan suksesi leader masih berperan secara fundamental dalam sebuah organisasi bisnis dan Industri.

Mempersiapkan sumberdaya manusia dan sistem manajemen perusahaan di era revolusi teknologi tentunya menjadi sebuah persoalan tersendiri. Perusahaan memerlukan perbaikan yang bersifat terus-menerus, continuous improvement untuk merespon tantangan di wilayah operasional industri. Perusahaan membutuhkan budaya perbaikan berkelanjutan, bahkan sebuah komunitas operational excellence untuk mencapai efektifitas dan efisiensi untuk terus berdaya saing.

Indonesia Operational Excellence and Award (OPEXCON)

OPEXCON merupakan ajang perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia, BUMN dan swasta, bersaing di bidang perbaikan proses bisnis berkelanjutan, continuous improvement. OPEXCON kian semarak saat peserta mengirimkan lebih dari satu project improvement dalam kompetisi.

Majalah Shift menjadi media massa pertama yang menyajikan referensi Operational Excellence. Tahun ini Majalah Shift menyelenggarakan OPEXCON pada Selasa, 11 Oktober 2016 di JW Marriott Hotel, Jakarta.

Saat ini Indonesia Operational Excellence Conference and Award (OPEXCON) telah memasuki tahun ke-5. Tercatat puluhan perusahaan berhasil meraih penghargaan atas efisiensi dan ekfektifitas industri.

Acara ini memberikan kesempatan yang menarik bagi peserta untuk bertemu, membangun jaringan, mengeksplorasi ide-ide baru, dan belajar dari para pemimpin industri terkemuka di Indonesia. Program konferensi terdiri dari tiga sesi utama:

  1. Practitioner Sharing session oleh praktisi yang terbukti berhasil menjalankan solusi dan aplikasi di perusahaan.
  2. Indonesia Economic and Industrial Outlook, dikaji dan disampaikan oleh ahli ekonomi  untuk mengetahui prediksi ekonomi dan dunia industri Indonesia 2017.
  3. “Talkshow: Operational Excellence In Facing Digital Era”, program konferensi yang menawarkan panel interaktif bersama pemimpin asosiasi industri, kementerian, dan akademisi.

Majalah Shift menyelenggarakan OPEXCON untuk tiga kategori industri manufaktur, mining and energy dan service. Masing-masing kategori terdiri dari dari tiga Achievement: gold silver and bronze.

Proyek yang dikompetisikan antara lain Metode Lean, Six Sigma, QCC, Kaizen, PDCA, VSM, dsb. Tahap penjurian meliputi penyisihan dan seleksi final. Penilaian pemenang penghargaan meliputi metodologi dan analisis 35%, hasil perbaikan yang dicapai 35%, serta kerjasama tim solusi dan adataptabilitas 20%. Pemenang Operational Excellence Project Competition akan menampilkan presentasi, kiat menjalankan metode improvement sebagai solusi inovasi.

Media partner OPEXCON16 antaralain: Media Indonesia, Tabloid Kontan, Majalah Tambang, Indonesia Industry, What’s New Jakarta, SME, KIS FM, LITE FM, PAS FM, dan Sindo Trijaya FM. Informasi lebih lanjut tentang event bergengsi OPEXCON16 bisa dilihat di www.opexcon.com []

 

shiftindonesia.com_OPEXCON16

Be A Part Of The Largest Operational Excellence Event Of The Year!

Get Inspired! Get Connected!

#IndonesiaExcellence #OPEXCON16

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.