Terlepas dari industri apa kita bekerja, satu yang pasti saat ini kita tengah berada di era transformasi besar. Transformasi atau perubahan terjadi hampir di semua lini, upaya ini dilakukan agar bisnis tetap relevan dengan zaman. Dari waktu ke waktu, pemimpin di perusahaan selalu dituntut untuk berhasil memenuhi kebutuhan karyawan dan juga pelanggan. Sebab itu, para pemimpin juga harus meningkatkan atau mengembangkan dirinya sendiri.

Berikut adalah tiga hal dasar yang wajib dilakukan oleh para pemimpin untuk bisa mencapai sukses yang berkelanjutan di era transformasi:

Merangkul Keberagaman

Keberagaman disini meliputi gender, ras, kepribadian, dan juga cara pandang masing-masing individu. Mengutip Forbes, Perusahaan akan menjadi sukses jika mereka berhasil merangkul keberagaman. Dalam sebuah studi bersama MIT, ditemukan bahwa komposisi gender yang seimbang dan merata dapat meningkatkan pendapatan organisasi hingga 41 persen. Sementara itu, studi lain menunjukkan bahwa setelah mempelajari 1.700 perusahaan, mereka yang memiliki tim yang beragam memiliki pendapatan 19% lebih tinggi dibanding mereka yang tidak. Kombinasi pemimpin yang baik juga telah terbukti menghasilkan ide yang lebih kreatif, penyelesaian masalah yang lebih efisien, dan kinerja keuangan yang lebih baik.

Selain itu, kepemimpinan juga perlu beragam usia. Sebab itu juga penting bagi pemimpin bisnis untuk menghilangkan stereotip yang sudah ketinggalan zaman sehingga bisa melanjutkan kemajuan. Jika sebelumnya generasi millennial sering dinilai sebagai generasi “malas” atau instan, dalam dua tahun ke depan mereka diproyeksi akan mengisi setengah angkatan kerja yang ada. Oleh karena itu saat ini para pemimpin harus siap mengembangkan mereka untuk mengambil posisi kepemimpinan.

Menggali Ide

Ide hebat bisa datang darimana saja, bisa dari anak magang hingga C-level di organisasi. Nah, untuk bisa mengoptimalkan manfaat ini para pemimpin perlu berkomunikasi dengan karyawan secara personal untuk mempelajari pemikiran masing-masing individu mengenai pemahaman bisnis dan tantangan yang dihadapi. Selain mendengarkan, pemimpin yang baik juga harus memberikan pertimbangan atau masukan yang tidak bias.

Baca juga  3 Kunci Dasar untuk Menjadi Positive Leader

Menciptakan persahabatan dan kepercayaan

Kepemimpinan bukan hanya sebuah jabatan atau posisi strategis tetapi sebuah karakteristik. Setiap pemimpin harus bertanya pada diri mereka sendiri: Apakah orang mengikuti saya karena mereka harus, atau karena mereka ingin? Kepemimpinan yang hebat adalah tentang menciptakan lingkungan yang baik, membangun kepercayaan dan bermanfaat bagi karyawan sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang.

Selama pandemi corona, perusahaan menerapkan kebijakan bekerja dari rumah. Awalnya kita semua berfikir ini adalah situasi sementara, tetapi tidak menutup kemungkinan ini akan menjadi solusi jangka panjang. Untuk itu, sangatlah penting bagi para manajer untuk mempercayai karyawan mereka menyelesaikan pekerjaan yang ada. Ingat, ketika merasa dipercaya, lebih mungkin bagi mereka untuk berkembang.

Setiap waktu, pemimpin bisnis dihadapkan pada masalah baru tetapi dengan menciptakan budaya problem solving dimana setiap pemimpin fokus memberikan feedback yang membangun, menumbuhkan kepercayaan, dan bekerja efektif maka semua talent di perusahaan akan termotivasi mendiversikan keahlian mereka sebagai tim dan memecahkan masalah bersama.

3 Pekerjaan Penting Para Pemimpin

Pemimpin yang baik memiliki tiga pekerjaan penting, pertama membangun tim yang kuat, kedua menetapkan visi dan arah perusahaan yang jelas, dan ketiga memastikan setiap individu di perusahaan memiliki kepercayaan diri dan terdorong untuk mencapainya. Jika Anda berhasil menjalankan tiga fungsi ini, Anda akan berhasil melewati era transformasi ini dan mencapai hasil yang hebat.

Tentu menjalankan pekerjaan tidaklah semudah yang direncanakan, tetapi apapun hambatan yang menghadang selalu ada peluang untuk menang. Sebab itu para pemimpin harus berlatih dan belajar setiap hari untuk meningkatkan kompetensi mereka. SSCX International akan mengadakan pelatihan online Leadership for Productivity, pada tanggal 22-23 October 2020. Dalam pelatihan ini kita akan belajar banyak hal penting tentang kepemimpinan yang efektif dan berhasil. Untuk mendapat informasi lebih lanjut tentang pelatihan ini, Anda bisa menghubungi tim SSCX di event@sscx.asia atau 08175763021.

Baca juga  Tanpa Kendali, Improvement Gagal Dilakukan

Sumber: Forbes