Memimpin manajemen perubahan sama seperti halnya dengan mengelola kesalahan. Seperti kita tahu, setiap orang ingin lebih dulu memiliki pemahaman dan mencari kejelasan untuk meminimalkan risiko dan menemukan manfaat (minimal untuk pekerjaan mereka sendiri) sebelum menerima adanya perubahan.

Sebagai pemimpin, tentu kita harus mengambil tanggung jawab untuk memberikan perspektif secara luas tentang visi, mengapa dan bagaimana sebuah perubahan sangat dibutuhkan.

Adapun cara terbaik meningkatkan keberhasilan perubahan, maka pemimpin harus memperkuat ekosistem terkait sumber daya dan manusia.

Tanpa dua kekuatan ini maka keputusan yang efektif lebih sulit dibuat terlebih ketika bisnis mulai kehilangan momentum. Ini juga menjadi faktor pendorong yang membuat banyak pemimpin gagal berkembang dan berakhir menjadi pengikut arus.

Terdapat banyak cara untuk meningkatkan aspek sumber daya dan manusia di organisasi. Terkait manusia, dua cara berikut diakui oleh banyak organisasi memberi dampak signifikan:

  1. Pendidikan & Pelatihan
    Melalui pendidikan dan pelatihan yang berkelanjutan, sumber daya manusia di perusahaan Anda terlatih dengan baik, sejalan dengan tujuan perusahaan dan tercapainya operational excellence.
  2. Reward & Recognition
    Penghargaan penting dilakukan kepada para pekerja agar mereka merasa dihargai atas pekerjaan yang telah mereka lakukan, sehingga mereka terus termotivasi untuk memberikan yang terbaik untuk perusahaan.

Untuk itu, pastikan Anda sebagai pemimpin organisasi memiliki perencanaan dalam dua hal di atas. Karena inilah cara paling efektif bagi organisasi Anda mendapatkan produktivitas terbaik.

Penting diingat, pemimpin bertanggungjawab melihat masalah sebagai peluang dan secara proaktif membangun solusi. Ia harus mengenali kekuatan tim dan memberdayakan setiap anggota di segala situasi sehingga organisasi tidak pernah kehilangan momentum.

Baca juga  Membangun Budaya Keselamatan dengan TPM