Dalam konteks “7 waste“, kelebihan produksi berarti Anda menghasilkan lebih banyak barang dibanding jumlah yang dibutuhkan oleh pelanggan. Dengan kata lain, siklus proses produksi lebih cepat daripada siklus waktu proses konsumsi, dan proses produksi terus menghasilkan output sementara inventori terus menumpuk.

Jika waktu siklus sesuai, maka semua item yang diselesaikan oleh proses hulu, akan dikerjakan oleh proses hilir. Ketika proses hulu berjalan lebih cepat, maka harus ada akumulasi WIP di tengah, dan akumulasi ini harus ditangani. Lebih lanjut, item yang terakumulasi tersebut belum diverifikasi apakah layak tidaknya untuk digunakan di proses hilir.

Disinilah kita harus menghasilkan ide perbaikan yang lebih cepat, mengujinya dan memasukkannya ke dalam proses. Tidak peduli seberapa bagus ide atau pun solusi Anda, itu tidak akan ada nilainya sampai Anda berhasil membawanya ke dalam budaya organisasi. Tingkat keberhasilan disini akan sangat dipengaruhi oleh kemampuan orang-orang di organisasi dalam menyerap perubahan dan mengaktualisasikannya dalam rutinitas pekerjaan harian mereka.

Menguji dan menjalankan perubahan kecil (small changes) secara berkelanjutan, terus konsisten satu per satu pada umumnya akan jauh lebih efektif dibanding mencoba membuat satu perubahan besar sekaligus. Karena pada dasarnya ketika kita melakukan satu perubahan besar, sebenarnya kita sedang melakukan banyak perubahan kecil.

Ketika Anda turun langsung ke lapangan, Anda akan mengetahui secara langsung kenapa inisiatif perubahan bisa menjadi sangat menantang. Temuan kami mengatakan bahwa sebagian orang mengaku tidak mempunyai cukup waktu untuk bereksperimen. Mereka harus menghabiskan waktu mereka untuk menyelesaikan pekerjaan. Oleh karena itu, jangan membuang waktu Anda hanya untuk mengembangkan solusi di atas kertas untuk setiap masalah yang Anda bayangkan, sebaliknya, Anda bisa menciptakan proses baru untuk menemukan akar masalah yang sebenarnya. Dengan kata lain, semakin cepat Anda belajar melakukan perubahan maka semakin cepat pula Anda meningkatkan bisnis.

Baca juga  Strategi Ini Akan Membuat Rapat Anda Lebih Efektif.

Sumber : theleanthinker