Selain mendapatkan penghargaan tertinggi di Operational Excellence and Award (OPEXCON) 2016 untuk kategori Sevice, Mandiri AXA General Inssurance juga berhasil memenangi kompetisi improvement di internal perusahaan. Inovasi yang dibuat MAGI merupakan komitmen OJK dan MAGI untuk mempermudah akses masyarakat miskin atas produk asuransi dan keuangan.

MAGI mengeluarkan produk asuransi mikro sebagai upaya memperkuat literasi kepada masyarakat kecil. Selain itu, MAGI sebagai perusahaan asuransi tunduk kepada peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mewajibkan kepada setiap perusahaan asuransi mengeluarkan produk asuransi mikro. Harga polis asuransi kecelakaan yang tergolong terjangkau dan murah, premi asuransi kecelakaan diri senilai Rp12.000,- per tahun dengan nilai perlindungan sebesar Rp.10.000.000,

Solusi yang mengerangkai kebutuhan pemasaran produk, sistem serta proses bisnis berupa pembuatan sistem informasi yang mengintegrasikan antara MAGI dengan Bank Mandiri bernama SRIKANDI singkatan dari sistem asuransi kecelakanaan diri. Aplikasi berbasis website itu nantinya digunakan para petugas Cabang Bank Mandiri untuk pengorderan produk asuransi kecelakaan diri. Mengoneksikan Bank Mandiri dan seluruh Cabang secara nasional via intranet.

Fitur utama SRIKANDI meliputi proses registrasi calon tertanggung, tracking dan Monitoring, rekonsiliasi pembayaran premi dan akseptasi polis, serta pencetakan polis. Hasilnya luar biasa. MAGI mampu meningkatkan produktivitas penjualan premi asuransi sampai 112% melampaui target penjualan selama tujuh bulan. Sebelum melakukan improvement penjualan sebanyak 4.274 polis, namun setelah melakukan perbaikan proses bisnis sebanyak 55.863 polis asuransi kecelakaan diri terjual.

Persoalan integrasi database MAGI dan Bank Mandiri menjadi isu krusial sekaligus kunci penetrasi pasar. SRIKANDI merupakan rumusan problem solving perusahaan yang mengubah proses bisnis menjadi lebih efisien dan produktif. Di sisi lain sistem integrasi memilih mengunakan basis web service lantaran lebih aman dan sederhana.

Proses order asuransi mulai dari pengisian formulir hingga penerbitan polis sebelum dilakukan perbaikan berlangsung selama 30 menit. Namun setelah dilakukan perbaikan proses hanya memakan waktu lima menit. Melalui terobosan sistem asuransi kecelakaan diri berbasis web, rata-rata Cabang Bank Mandiri mampu menjual sebanyak 480 polis.

“Di tengah ketatnya persaingan global, industri pembiayaan dan asuransi saat ini bisa bertahan jika berkolaborasi dengan perbankan untuk menjangkau pasar yang lebih luas” pungkas Ari Faryanto, Digital Business & System Development, Department Head MAGI. []

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.