“Seberapa efisien perbaikan yang Anda lakukan, bagaimana perbaikan itu berdampak pada daya saing perusahaan?” Pertanyaan tersebut muncul saat penjurian kompetisi implementasi proyek pada Operational Excellence Conference and Award (OPEXCON) yang diselenggarakan Majalah SHIFT dan SSCX International tahun lalu. Saat itu ratusan perusahaan mendaftarkan masing-masing pelaksanaan proyek perbaikan di era digital di tiga sektor industri: manufacture, mining and energy serta services and transactional.

Majalah SHIFT membuka pendaftaran proyek perbaikan industri, Project Competition OPEXCON17, sedari awal hingga pertengahan tahun: 3 Januari – 30 Juni 2017. Penyelenggara memberikan kesempatan luas kepada perusahaan dari berbagai sektor industri untuk berpartisipasi, mengirimkan lebih dari 1 (satu) atau maksimal 3 (tiga) proyek perbaikan industri.

Kriteria pendaftaran cukup sederhana, pertama proyek perbaikan yang didaftarkan harus menggunakan metode perbaikan industri meliputi Six Sigma, Value Stream mapping, Kaizen Event, PDCA/QCC atau metode Continuous Improvement lainnya. Kedua, proyek perbaikan industri merupakan proyek baru yang selesai implementasinya per 1 Januari 2016.

Hal-hal yang perlu diperhatikan peserta kompetisi saat mengirimkan proposal misalnya, hasil implementasi proyek menunjukkan peningkatan signifikan, memberikan keuntungan bagi perusahaan, pelanggan secara finansial maupun non finansial. Metode dan instrumen yang digunakan menganalisis dan menyelesaikan masalah berhasil memberikan solusi serta memenuhi target. Selain itu, efektifitas dan kerjasama tim, kreatifitas serta adaptabilitas menjadi kualifikasi yang menentukan seleksi proposal ke tahap selanjutnya.

Sejumlah kalangan memprediksi perekonomian 2017 berjalan lambat tak melaju seperti tiga atau empat tahun lalu. Meski demikian tahun Ayam Api tetap memberikan sinyal pertumbuhan ekonomi di sejumlah sektor industri. Pastikan perusahaan Anda menjadi yang terdepan melakukan perbaikan industri dan meraih apresiasi tertinggi dalam ajang kompetisi OPEXCON17 dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. []

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.