“Kami sekarang akan berkonsentrasi pada kompetensi inti kami dan meningkatkan kualitas bisnis sambal mempertahankan disiplin fiskal dan fokus pada pendapatan bersih per unit untuk mencapai profitabilitas,” CEO Nissan Makota Uchida

Satu lagi produsen otomotif kembali memutuskan untuk menutup fasilitas manufakturnya di Indonesia. Adalah Nissan Motor Co.,Ltd, pada Kamis (28/05) perusahaan melalui situs resmi Nissan Global mengumumkan rencana empat tahun ke depan (2023) untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan yang disertai stabilitas dan profitabilitas.

Adapun rencana yang diambil oleh produsen otomotif asal Jepang ini diantaranya yaitu rasionalisasi biaya dengan menutup pabrik di Indonesia. Selain Indonesia, Nissan sebelumnya juga menutup pabrik perakitan di Spanyol dan selanjutnya menjadikan Inggris sebagai basis produksi untuk Eropa. Sementara untuk ASEAN, Nissan akan menjadikan Thailand sebagai basis produksi.

Nissan Motor didirikan oleh Yoshisuke Aikawa, salah satu pengusaha terbesar pada Periode Showa (1926-1989) di Jepang. Ia lahir di desa Oouchi (sekarang merupakan kota Yamaguchi) di Prefektur Yamaguchi pada 6 November 1880. Mengutip artikel nissan.co.id, Aikawa pergi ke Amerika Serikat dan bekerja sebagai mekanik di sebuah pabrik besi tuang milik Gould Coupler Co., dia bekerja selama lebih dari setahun untuk mempelajari berbagai teknologi dan teknik. Saat itu juga menjadi tahun bersejarah pendirian General Motors. Aikawa dengan cepat yakin akan peluang mobil dan industri mobil di masa depan, terlebih ia bersikeras bahwa Jepang perlu memproduksi mobil-mobil superior.

Pada awal tahun 1930-an, Aikawa menilai saat tersebut merupakan waktu yang tepat dan mengurus pendirian Jidosha Seizou KK di Yokohama pada 26 Desember 1933, yang didirikan bersama Nihon Sangyo. Pada pertemuan pemegang saham pertama, yang diadakan pada 30 Mei 1934, Jidosha Seizou KK berganti nama menjadi Nissan Motor Co., Ltd. karena menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Nihon Sangyo. Inilah kelahiran Nissan Motor dalam nama dan kenyataan.

Baca juga  Telah Dibuka Pendaftaran OPEXCON Conference and Award 2020, Excellent People bisa Mendaftar Disini