Semakin sukses Anda, semakin iri kompetitor Anda. Iri bisa menjadi alat motivasi yang baik untuk maju, tapi juga bisa menyebabkan orang atau bisnis lain menjadikannya sebagai misi pribadi mereka untuk membuat perusahaan Anda jatuh. Tak jarang tuduhan palsu dilontarkan pihak pesaing untuk mengganggu suksesnya sebuah bisnis. Jika perusahaan Anda mengalaminya, pertahanan yang paling efektif dengan menggunakan kampanye Public Relation (PR) positif. Seorang pengacara yang baik dapat memberi tahu bagaimana jika ada pesaing bisnis yang melakukan tuduhan palsu terhadap Anda.

1. Menyewa pengacara
Jika seseorang atau bisnis lain meragukan kualitas atau bahkan melakukan tuduhan palsu terhadap perusahaan Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyewa seorang pengacara. Temukan pengacara yang berpengalaman menangani tuntutan penghinaan, karena itulah yang akan sangat Anda butuhkan. Karena definisi pengadilan mengenai perkara penghinaan akan sulit untuk dibuktikan, bersiaplah untuk mendengarkan nasihat pengacara tentang cara terbaik untuk mengajukan kasus hukum agar perusahaan Anda dapat diselamatkan.

2. Membuktikan Tuduhan
Pernyataan-pernyataan tuduhan palsu ada yang diucapkan tapi ada juga yang tertulis. Penting untuk membedakan keduanya, karena alasan ungkapan yang tepat jika Anda mengajukan tuntutan penghinaan di pengadilan. Satu hal yang harus ditentukan oleh pengacara Anda adalah apakah pengadilan akan menganggap bisnis Anda sebagai entitas publik, atau individu pribadi. Jika pengacara Anda menentukan bahwa perusahaan Anda dapat dianggap sebagai perusahaan swasta daripada perusahaan publik, dapat membuktikan bahwa tuntutan penghinaan akan lebih mudah. Dalam kasus itu, Anda hanya perlu membuktikan bahwa orang atau bisnis yang membuat tuduhan palsu terhadap perusahaan Anda bertindak dengan lalai.

[cpm_adm id=”11945″ show_desc=”no” size=”medium” align=”left”]

3. Campaign Public Relation yang Positif
Jika membawa kasus ke pengadilan dirasa tak memungkinkan atau tidak menguntungkan, segeralah mengubah publisitas yang sudah terlanjur buruk dengan publisitas yang baik. Misalnya, jika pesaing menyatakan bahwa bisnis Anda, mengklaim menyumbangkan uang untuk amal tapi sebenarnya tidak melakukannya, mulailah kampanye pencocokan dana publik yang melibatkan badan amal lokal. Mintalah pelanggan Anda untuk menyumbangkan, lalu katakan bisnis Anda akan sesuai dengan setiap uang yang disumbangkan oleh pelanggan Anda – sampai jumlah yang paling kecil. Buatlah sebuah acara amal dengan mengundang media setempat. Ini adalah cara yang baik untuk mempengaruhi opini publik yang menguntungkan tanpa harus berseteru dengan para pengkritik Anda. Pelanggan Anda juga akan menghargai aspek tersebut.

4. Pertimbangan
Pertimbangkan baik dan buruknya antara menyikapi kasus ini dengan serius, atau membiarkannya saja. Jika Anda memiliki bukti kuat untuk membuktikan bahwa tuduhan terhadap bisnis Anda adalah salah, pengacara Anda akan menyarankan bahwa jika mengajukan kasus pengadilan dapat menguntungkan bisnis Anda. Namun, kasus pengadilan bisa panjang dan biaya yang mahal. Setiap kasus tuduhan bisnis palsu bervariasi, dan hanya Anda yang tahu betapa berbahayanya kasus tertentu. Bahkan jika Anda ingin memenangkan kasus ini, pastikan bahwa Anda mempertimbangkan dengan cermat berapa banyak waktu, tenaga dan sumber daya pribadi yang harus dilakukan untuk mengejar kasus penghinaan yang akan membebani Anda. Misalnya, jika Anda sangat menghargai waktu bersama keluarga, sadarilah bahwa tekanan ekstra dari kasus ini dapat mengurangi waktu bersama keluarga Anda. Akan tetap, jika memang tuduhan palsu tersebut sangat merusak pandangan publik terhadap bisnis Anda, dan dapat membuat menutup bisnis Anda, maka perlu diperjuangkan di pengadilan, tidak hanya dengan sebuah kampanye PR positif.