SHIFT Indonesia – Tahun 2017 resmi berakhir, banyak kejutan yang dialami dunia industri tanah air selama setahun ke belakang dimana revolusi digital turut menjadi salah satu kausal utamanya. Perubahan proses bisnis pun tak bisa terelakkan, perusahaan bersaing melakukan pembangunan dan pembaharuan infrastruktur teknologi. Di sisi lain mereka juga harus serta merta melakukan efisiensi, cost reduction guna mewujudkan operasional yang excellent di perusahaan.

Sebagai contoh industri perbankan, mereka bersaing menciptakan layanan baru berbasis digital atau digital banking karena hal ini dianggap paling relevan dengan perilaku konsumen saat ini. Digital banking menjadi solusi konsumen yang saat ini cenderung memilih uang elektronik dalam berstransaksi. Dalam perkembangannya, penggunaan uang elektronik berhasil membentuk era baru transaksi pembayaran di Indonesia. Di penghujung Oktober tahun lalu, pemerintah menetapkan pembayaran di seluruh gardu tol menggunakan uang elektronik, uang tunai tidak boleh lagi. Hal ini dilakukan guna

Perkembangan teknologi juga memberikan dampak yang besar bagi pelaku bisnis ritel di Indonesia. Perubahan pola belanja masyarakat yang cenderung memilih belanja daring mengakibatkan mereka harus menutup gerainya. Penutupan gerai menjadi opsi terakhir untuk menekan kerugian akibat tingginya beban operasional. Brand ritel modern yang menutup gerainya antara lain Lotus, 7 eleven, Matahari, dan Ramayana.

Melihat ke belakang, sungguh banyak dampak yang disumbangkan para inovator digital bagi dunia industri. Mereka melakukan langkah besar, menyediakan penawaran menarik dengan tetap mengutamakan kebutuhan konsumen. Terlepas dari inovasi, investasi dan kemitraan yang akan bermunculan di tahun 2018, tidak diragukan lagi, tahun ini akan menjadi tahun transformasi yang cepat.  Persiapkan diri ANDA!

Salam,

***Segenap keluarga besar SHIFT Indonesia mengucapkan “Selamat Tahun Baru 2018, Kesuksesan Anda dimulai hari ini.” Temukan inspirasi segar dan menarik setiap harinya hanya di shiftindonesia.com, Your Operational Excellence Guide.