Indonesia Operational Excellence Conference & Award (OPEXCON) 2020, konferensi operational excellence terbesar dan juga paling bergengsi di Indonesia sukses digelar pada hari ini, Rabu (25/11) dan disiarkan secara live melalui aplikasi Zoom. Acara ini menjadi salah satu momentum yang sangat penting bagi pelaku bisnis Indonesia.

Acara yang dibuka langsung oleh DR. Dany Amrul Ichdan, SE, M.Sc., Staf Ahli Utama Kepresidenan, Kantor Staf Presiden (KSP) dan juga selaku Komisaris MIND ID (Holding Industri Pertambangan Indonesia) ini merupakan puncak acara dari seluruh rangkaian OPEXCON Project Competition 2020, yaitu sebuah kompetisi improvement terbesar yang digagas oleh SHIFT Indonesia sejak tahun 2012. 

Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi platform untuk membangun awareness pelaku usaha tentang pentingnya aspek perbaikan proses dan inovasi bagi bisnis sekaligus menjadi wadah bagi perusahaan untuk terus bersemangat menjalankan improvement secara berkelanjutan khususnya di era pandemi Covid-19. Seluruh rangkaian acara OPEXCON tahun ini dilakukan secara virtual, meski demikian tidak sedikitpun mengurangi antusias dan juga semangat peserta. Tentunya ini menjadi sebuah sinyal positif yang membuktikan bahwa perusahaan di Indonesia terus berinovasi meningkatkan daya saing bisnisnya.

Daftar Pemenang OPEXCON Award 2020

Acara dimulai dengan sesi Awarding, yaitu pemberian penghargaan kepada perusahaan yang telah berhasil melakukan inovasi di dalam bisnisnya. Penghargaan ini dibagi dalam tiga kategori, yaitu Manufacture, Services, Mining & Energy.

Siapa saja perusahaan yang berhasil menerima penghargaan Gold Achievement, OPEXCON Award 2020 dan dinobatkan sebagai “Best Improvement of The Year”. Berikut adalah daftar lengkapnya:

Gold Winners Kategori Manufacture

  • PT Sarihusada Generasi Mahardhika
  • PT Chandra Asri Petrochemical, Tbk
  • PT Bayer Indonesia
  • PT Firmenich Aromatics Indonesia
Baca juga  Tiga Subsektor Ini Diproyeksi Tumbuh Ciamik di 2021

Gold Winners Kategori Services

  • RSUD Dr. ISKAK TULUNGAGUNG
  • PT Parit Padang Global
  • PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Gold Winners Kategori Mining & Energy

  • PT Indonesia Power dan
  • PT Chakra Jawara

“Selamat kepada seluruh pemenang yang berhasil mendapatkan awards di ajang OPEXCON Project Competition 2020. Semoga ini bisa memotivasi kita semua untuk terus meningkatkan daya saing bisnis sehingga industri Indonesia bisa memenangkan pasar global,” kata Teguh Sujatno, Founder SHIFT Indonesia.

Penuh dengan Inspirasi

Selain pemberian penghargaan, SHIFT Indonesia secara rutin mengadakan acara OPEXCON untuk memperluas wawasan para praktisi dan profesional bisnis. Pembicara hebat yang hadir diantaranya Adi Darmadi, President Director, PT. Rockwell Automation Indonesia; Willy Octavianus, Regional Solution Consultant, Rockwell Automation; Yanuar Kurniawan, Vice President, Organization & Talent Development, Lazada Indonesia; Pieter Gunawan Harianto, Regional Partner Manager, Uipath Indonesia/ Vietnam; Fajar Dhirendra Gregory, CEO, SSCX Technovation; Bhima Yudhistira, Economist, INDEF.

Acara yang mengusung tema “Winning in the New Normal with Operational Excellence & Digital Transformation” ini menurut Teguh merupakan referensi penting bagi para praktisi bisnis khususnya di bidang operational excellence. Melalui sesi conference OPEXCON ini Pembicara membagikan pengalaman dan pengetahuan mereka dengan sangat menarik sehingga mampu memberikan perspektif yang berbeda bagi para peserta. Selain itu ide dan hasil inovasi yang dibagikan oleh OPEXCON Gold Winners 2020 juga menjadi salah satu sesi yang sangat dinantikan para peserta. Pasalnya, sharing project ini menjadi salah satu media transfer knowledge yang dianggap efektif oleh peserta khususnya pegiat continuous improvement di Indonesia.  

OPEXCON merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh SHIFT Indonesia – media yang memberikan referensi dan panduan operational excellence di Indonesia yang mendapat dukungan penuh dari SSCX International, konsultan operational excellence terbaik di Indonesia dan Rockwell Automation Indonesia, pemimpin industri global dalam industri otomatisasi dan transformasi digital.