Kesibukan menghabiskan waktu dan energi Anda. Sebagai pemimpin, tentu Anda memiliki banyak agenda penting untuk dihadiri, konsekuensinya Anda kehilangan waktu untuk berkomunikasi dengan karyawan.

Tujuan dari pertemuan adalah untuk saling mengenal. Adalah penting untuk meluangkan waktu Anda agar terhubung dengan tim, untuk menunjukkan bahwa Anda peduli terhadap karyawan. Ini juga akan membantu Anda lebih memahami harapan mereka, dan juga menjadi kesempatan bagi Anda untuk membagikan tujuan perusahaan sehingga semua orang bisa selaras. Anda harus memastikan bahwa karyawan Anda tahu komitmen Anda terhadap pekerjaan mereka. Oleh karena itu, maka kami sarankan untuk menjadwalkan pertemuan dengan setiap karyawan. Ada berbagai opsi yang bisa Anda pilih, misal menemui karyawan di shift mereka atau menjadwalkan pertemuan selama 30 menit dimulai dari karyawan senior.

Mark Whitten yang merupakan kontributor di Industryweek dalam artikelnya menyebut bahwa selain pertemuan grup, pertemuan one on one juga penting dilakukan. Seperti kita tahu, beberapa orang memiliki agenda masing-masing dan mendominasi pembicaraan sementara yang lain hanya diam. Salah satu cara agar setiap karyawan bisa nyaman berbicara secara terbuka yaitu dengan mengundang mereka berbicara sendiri tanpa harus dikelilingi rekannya.

Anda juga harus memberikan pesan yang konsisten kepada setiap karyawan. Pertemuan yang Anda lakukan adalah untuk menggali informasi dan pemikiran karyawan, maka pembicaraan itu harus fokus tentang mereka, bukan Anda. Tetapi Anda juga harus menyampaikan apa harapan Anda dengan jelas, seperti pentingnya kejujuran, integritas, dan loyalitas terhadap perusahaan. Setelah Anda membagikan harapan, kemudian giliran mereka untuk membagikan apa yang menjadi harapan mereka. Tanyakan kepada mereka apa yang mereka harapkan dari Anda, katakan bahwa Anda membutuhkan umpan balik dari mereka untuk menghindari kesalahpahaman.

Baca juga  Tahukah Anda Bahwa Ahli Sekalipun Masih Membutuhkan Mentor?

Kami jamin, usaha Anda menjalin komunikasi dengan semua karyawan tidak akan pernah menjadi sia-sia. Anda akan memahami apa yang diinginkan karyawan dan mendapatkan komitmen mereka. Ingat bahwa komunikasi sangat penting bagi karyawan. Baik atau buruk mereka selalu ingin tahu. Pada dasarnya, mereka tidak tahu banyak tentang kondisi yang terjadi di perusahaan, jika Anda tidak berkomunikasi dengan mereka maka mereka akan membuat komunikasi sendiri dan menghasilkan rumor. Semakin baik Anda berkomunikasi maka semakin besar pula kesempatan yang Anda miliki untuk memotong rumor tersebut.