Beberapa rekan kita di kantor mungkin ada yang kerap membuat masalah. Atau banyak dari mereka yang terus mengeluhkan masalahnya, atau ada yang menyadari kehadiran suatu masalah namun terus berusaha mengabaikannya. Kami yakin excellent people bukanlah bagian dari tiga kelompok ini, dimana tidak satupun dari mereka yang ingin menyelesaikan masalahnya sendiri, padahal jika dipikirkan setiap masalah selalu memiliki solusi. Sebagai future leader, sudah pasti Anda harus membawa solusi untuk setiap masalah yang ada, caranya bagaimana yuk kita bahas disini.

Membangun Mindset yang Tepat

Kunci utama keberhasilan melakukan pemecahan masalah atau upaya problem solving adalah memiliki pemikiran dan keinginan untuk melihat masalah atau tantangan dari perspektif baru dan mengeksplor semua pilihan potensial untuk dapat menciptakan cara-cara baru yang kreatif dan inovatif.

Memanfaatkan Tools 

Seringkali terjadi, ketika dihadapkan pada masalah kita tidak merasa yakin akan mampu mengatasinya namun dalam pikiran kita selalu mengatakan bahwa jika kita dapat menemukan solusi yang tepat maka masalah tersebut akan terselesaikan.

Tentu saja solusi ini tidak datang dengan sendirinya ya excellent people, selain memiliki pengetahuan tentang metode pemecahan masalah atau biasa dikenal dengan problem solving kita juga perlu menguasai teknik dan tools apa saja untuk melakukan problem solving. 

Menggunakan Langkah yang Benar

Ecellent people, untuk menyelesaikan masalah kita harus tahu lebih dulu apa permasalahan yang sedang kita hadapi. Lebih lanjut, kita juga harus melakukan studi analisa dan melakukan uji kebenaran sebelum menentukan akar masalahnya.

Untuk menentukan akar masalah, tim proyek secara bersama-sama harus melihat gejala-gejala yang muncul yang menyebabkan masalah tersebut terjadi kemudian membuat pemetaannya dengan memanfaatkan tools pendukung yang ada (misal fishbone diagram). Setelah itu, tim bergerak, mencari sebanyak-banyaknya data dan melakukan pengujian terhadap data-data yang telah dikumpulkan sehingga didapatlah satu rekomendasi yang dapat dijalankan sebagai solusi.

Baca juga  Jam Operasional LRT Jabodebek yang Ditargetkan Beroperasi Agustus

Pemikiran ilmiah menyatakan bahwa kita tidak akan pernah tahu segalanya (terutama karena pikiran kita terlalu kecil dan perubahan eksternal lebih cepat daripada perubahan dalam pemahaman kita). Ada solusi tepat untuk masalah, tetapi sebagian besar masih belum diketahui dan ditemukan. Namun, dengan menantang diri sendiri, melalui pembelajaran pemecahan masalah, kita dapat bekerja dengan lebih kreatif dan dengan cara yang lebih baik secara berkelanjutan. Salam improvement!