They don’t buy things but they buy an experience jargon ini sangat populer di kalangan marketing saat ini. Para pelaku usaha menyadari bahwa kehidupan bisnis tergantung dari pelanggannya. Sebuah perusahaan tidak cukup membuat produk yang berkualitas dengan dibarengi membuka sejumlah gerai untuk menarik pelanggan. Terjadinya perubahan perilaku pelanggan dewasa ini menyebabkan perusahaan mengubah strategi bisnis.

Dulu pelanggan berfokus dengan fungsi dan keuntungan produk, sekarang mereka mulai menggunakan informasi untuk memilih produk dan merek. Beragam strategi pemasaran baru pun bermunculan. Sebut saja endorsement, yaitu strategi “testimonial advertising” seorang figure yang mampu menarik orang lain untuk ikut membeli. Strategi ini lebih efisien, efektif lantaran mampu mencapai target.

Testimonial advertising menandakan pelanggan membutuhkan pengalaman baru dalam membeli produk atau customer experience. Beberapa waktu yang lalu kita bisa melihat booming film AADC2 yang mampu menyedot jutaan penonton. Mungkin kita tidak menyadari pembuat film sudah melakukan test market dengan pembuatan sekuel AADC2 versi Line. Ini tentu sebuah pengalaman baru yang menjadikan orang-orang terkesan sehingga banyak orang yang menonton dan berharap akan dibuat dalam versi film layar lebar.

Strategi haruslah diikuti dengan implementasi. Di satu sisi diperlukan tahapan-tahapan sistematis agar strategi customer experience ini maksimal. Tahap pertama melakukan riset pasar, pendataan dan mempelajari perilaku konsumen. Riset pasar mampu membantu perusahaan mengetahui model pengalaman yang diinginkan oleh pelanggan.

Setelah riset pasar masih ada beberapa tahapan penting yang harus dilakukan untuk membangun customer experience. Majalah Shift menyelenggarakan 1 day seminar “HOW TO CREATE AND MANAGE A PERFECT CUSTOMER EXPERIENCE” di Dafam Teraskita Jakarta, 9 Mei 2017. Temukan jawabannya hanya dalam seminar ini! Untuk pendaftaran bisa dilakukan di www.opexcon.com atau 021 576 3020.

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.