Sudah bekerja keras tapi belum juga dapat promosi? Apakah Anda termasuk karyawan yang menyelesaikan pekerjaan dengan baik tetapi hanya mendapat sedikit penghargaan dari atasan di kantor? Jika iya, segera evaluasi penyebabnya.

Promosi adalah tentang bekerja lebih keras dan berkontribusi lebih besar dengan cara yang tidak biasa. “Kerjakan pekerjaanmu sebaik mungkin, dan setiap tiga bulan sekali beri kami kejutan dengan sesuatu yang luar biasa”, kata Ian Siegel, CEO ZipRecruiter seperti dikutip SHIFT dari CNN. Menurutnya, karyawan akan memiliki kesempatan untuk mendapat peran yang lebih besar ketika mereka dapat melampaui ekspektasi manajemen. Tetapi jika Anda berpikir telah melakukannya dengan baik dan masih belum mendapat hasilnya, mungkin ada alasan tertentu, seperti di bawah ini, misalnya.

Tidak pernah bertanya

Manajer bertanggung jawab terhadap banyak orang. Anda harus berusaha menempatkan pertumbuhan karier Anda di radar yang bisa dilihat oleh mereka. Jangan menghindar dan bicarakan dengan atasan tentang promosi yang Anda harapkan, jadikan itu sebagai topik utama pembicaraan. Joel Garfinkle, penulis buku “Getting Ahead: Three Steps to Take Your Career to the Next Level” mengatakan bahwa kita perlu membagikan aspirasi secara terbuka dan khusus kepada atasan dan menanyakan apa saja yang harus dilakukan untuk mendapat promosi.

Tidak menunjukkan kemampuan “leadership” 

Melakukan pekerjaan dengan baik menunjukkan bahwa Anda adalah eksekutor hebat, tetapi tidak berarti Anda akan menjadi seorang leader. “Bekerja keras dan bekerja keras tidak berarti Anda akan dipromosikan … Anda harus menunjukkan bahwa Anda akan menjadi lebih baik untuk perusahaan di level yang lebih tinggi,” kata Kathy Caprino, seorang career dan executive coach .

Dan itu berarti Anda harus menemukan cara untuk menunjukkan kemampuan memimpin Anda. Misalnya, ajukan diri Anda untuk memimpin proyek baru, atau mengajarkan keahlian Anda di tempat kerja secara sukarela. Tunjukkan di depan orang-orang bahwa Anda memiliki kemampuan.

Baca juga  Perlukah Sertifikasi Six Sigma?

Terlalu “humble”

Kurangnya visibilitas bisa menjadi salah satu rintangan untuk mendapatkan promosi. Anda harus bisa menunjukkan kerja keras dan prestasi Anda. Jangan beranggapan bahwa kerja keras Anda selalu diperhatikan oleh atasan. Disini Anda perlu “menyombongkan diri” dengan cara yang efektif. “Miliki mindset bahwa Anda berbagi fakta,” kata Garfinkle. Anda disarankan untuk memberikan laporan kemajuan tugas secara teratur kepada atasan. Menurutnya, ini adalah cara untuk membantu Anda berkomunikasi tentang proyek dan bagaimana Anda sukses di dalamnya.

Tidak memiliki relasi yang baik

Sebagus apapun kemampuan Anda jika atasan Anda tidak menyukai Anda, Anda tidak akan pernah mendapatkan promosi. Seorang pakar karier pernah mengatakan bekerja dengan orang lain merupakan hal yang sangat penting agar kita bisa dinilai sebagai partner yang berharga. Kita bisa melakukannya dengan meminta umpan balik dari partner kita setelah proyek selesai sebagai jembatan untuk membuka jalur komunikasi dan menjaga hubungan tetap kuat.Sementara itu, Anda juga perlu memiliki mentor atau sponsor di perusahaan yang bisa Anda percayai dan hormati.

Tidak Melihat Peluang Masa Depan

Keahlian Anda saat ini belum tentu cukup membawa kesuksesan Anda di masa depan. Oleh karena itu, jangan hanya melihat deskripsi pekerjaan yang saat ini Anda kerjakan. Evaluasi kembali tugas dan peran Anda saat ini kemudian cari celah di area mana Anda bisa meningkatkannya.