Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas tentang apa itu Value Stream Mapping  (VSM) dan apa saja lima tahapan penting di dalam pembuatan VSM. Tahap pertama dan kedua juga sudah kita bahas secara tuntas. Nah, kali ini kita akan membahas tiga tahapan lain dalam pembuatan VSM. Berikut ulasannya :

Tahap Ketiga dalam membuat  Membuat Peta yang ideal untuk kondisi mendatang (future state). Hal terpenting dalam membuat peta kondisi mendatang adalah mengubah nilai pencapaian pada kondisi saat ini (aktual) menjadi nilai ideal yang ingin dicapai oleh sistem dalam melakukan prosesnya. Perubahan nilai ini akan menjadi dasar untuk menentukan langkah-langkah perbaikan yang harus dilakukan untuk dapat mencapai target organisasi. Hal yang tidak kalah penting disini adalah KPI organisasi, seperti kapabilitas perusahaan dan sumber daya manusia di dalamnya. Future state yang kita buat harus mampu me-refleksi tujuan perusahaan, oleh karena itu kita perlu membuat proses yang sempurna,  mengacu pada kriteria berikut ini:  bernilai tambah, stabil, fleksibel, dapat diandalkan, meningkatkan nilai proses.

Selanjutnya tahap keempat, yaitu membuat rencana implementasi perbaikan untuk mencapai future state. Tahap ini adalahbagaimana kita membuat sebuah langkah atau program untuk mengubah current menjadi future. Misalnya, bagaimana membuat lead time lebih cepat dan sesuai dengan future statedengan mengelompokkan proses yang mempunyai kemiripan untuk mengurangi travel time dan work in process.

Tahap kelima atau juga tahap terakhir dalam pembuatan VSM adalah update VSM setelah perbaikan dilakukan. Setelah Peta Kondisi saat ini, Peta Kondisi Mendatang dan list setiap rencana Implementasi perbaikan dibuat dan dijalankan sesuai dengan rencana program, maka kita harus meng-update VSM  sesuai waktu yang ditetapkan. Hal ini dilakukan untuk dapat melihat efektifitas program improvementyang dijalankan.

Setelah membaca artikel ini kami tentang VSM, tool ini cukup mudah dimengerti dan juga mudah diimplementasikan, bukan? Meskipun terlihat sederhana, VSM adalah konsep yang sangat powerful untuk meningkatkan valueorganisasi Anda. Untuk mempermudah pembuatan VSM, Anda bisa melakukannya dalam tim, membuat langsung di shop floor, dan melakukan interogasi proses langsung di berbagai kondisi.

Baca juga  Pemikiran Penting dalam DOE (Design of Experiment)