Jika Anda adalah orang yang paling pintar di tempat kerja, maka kesimpulannya Anda sedang berada di tempat yang salah. Pertanyaannya, bagaimana jika tugas Anda adalah menjadi orang terpintar di tempat Anda berada? Itulah tantangan yang mungkin dihadapi oleh setiap ahli, apapun keahlian mereka.

Aristoteles pernah menulis, “Mereka yang tahu,melakukannya. Mereka yang mengerti, mengajar.”Ketika masuk ke dunia profesional, bisa belajar dari seorang mentor yang memahami industri Anda adalah pendidikan yang sangat bernilai. Seorang mentor adalah seseorang yang berada dalam industri yang sama dengan Anda, tetapi karir mereka lebih jauh. Rahasianya, mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman yang lebih besar, mereka inilah yang dapat melatih dan memberi Anda pelajaran berharga tentang pekerjaan Anda.

Seorang mentor akan menemukan kepuasan ketika mereka bisa mengembangkan kemampuan seseorang, dan orang yang dibantu tersebut jelas akan menerima manfaat besar dari bimbingan yang mereka targetkan. Jika Anda masih bingung kenapa seseorang, tidak terkecuali seorang ahli atau ekspertis membutuhkan seorang mentor, simak ulasan berikut ini:

Tidak perlu melakukan kesalahan 

Kesalahan bisa menjadi guru terbaik Anda, hanya jika Anda dapat belajar dari kesalahan tersebut. Seseorang bisa membuat banyak kesalahan ketika memulai kariernya, salah satunya adalah karena mereka tidak memiliki mentor yang membantunya. Namun mereka yang bertahan dan belajar dari kesalahan, akhirnya menemukan kesuksesan di bidangnya. Pikirkan mentor Anda adalah orang yang telah membuat banyak kesalahan itu, belajar dengan mereka itu sama artinya dengan mendapatkan kartu as untuk terhindar dari kesalahan yang tidak perlu baik dalam pekerjaan ataupun karier Anda.  

Meningkatkan rasa kebersamaan

Ironi dari era teknologi adalah kita bisa lebih terhubung satu sama lain dalam beberapa hal, namun koneksi nyata dan bermakna tampaknya menjadi semakin berkurang. Semakin banyak pekerjaan yang dilakukan jarak jauh, bahkan di kantor yang ramai, kesibukan bisa mengasingkan satu sama lain.
Dengan berkonsultasi dengan seorang mentor, Anda dapat mempelajari keterampilan yang relevan dan dibutuhkan, Anda dapat mengajukan pertanyaan spesifik tentang bidang Anda, dan menerima saran yang dapat membantu keberhasilan Anda. Bahkan ketika komunikasi ini dilakukan melalui telepon atau email, ini bisa menjadi sarana untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan tanggung jawab bersama.

Menjadi mandir

Ada pepatah terkenal mengatakan, “Beri manusia ikan, dan kamu memberinya makan sehari. Ajari seorang pria untuk memancing, dan Anda memberinya makan seumur hidup.”Daripada menawarkan panduan atau rencana pelajaran bagaimana menjadi sukses, seorang mentor akan membantu menjadikan Anda menjadi mandiri. Inilah hal penting yang membantu Anda maju dalam karier Anda.Langskap industri akan selalu berubah seiring berjalannya waktu, langkah terbaik adalah fokus untuk mengembangkan kemandirian dan kemampuan berpikir, upaya ini akan memungkin Anda untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang Anda hadapi dan bekerja untuk mencapai tujuan Anda, dan seorang mentor dapat membantu Anda melakukan ini.

Baca juga  Kolaborasi Adalah Kunci Efektivitas Tim

Merampingkan kurva pembelajaran Anda


Gambaran tradisional seorang mentor adalahsemacam orang yang tahu segalanya, eitssss, ini tidak benar. Seorang mentor lebih berhasil dalam karier mereka, dan meskipun mereka tidak belajar semuanya, mereka tentu memiliki lebih banyak pengetahuan dari Anda. Belajar dengan mentor, sama artinya Anda dapat merampingkan proses belajar dan memotong banyak kurva pembelajaran. Ini juga berarti Anda dapat memanfaatkan pengetahuan yang mereka dapat dengan susah payah.

Sumber: Entrepreneur.com