OEE merupakan perhitungan yang digunakan untuk memantau efektivitas suatu mesin. Khusus perusahaan yang mengandalkan produktivitas mesin produksi, OEE menjadi salah satu indikator utama. Dengan menggunakan OEE produktivitas tenaga kerja dan efektivitas peralatan pabrik akan meroket. Kok bisa? Simak penjelasan singkat berikut!

Ketika proses produksi atau sebuah peralatan tidak berfungsi, orang-orang yang bekerja menggunakan mesin tersebut tentu akan menganggur karena tidak bisa melakukan produksi. Kondisi ini akan berbeda jika perusahaan menerapkan OEE, karena efektivitas peralatan jauh meningkat maka orang-orang yang tadinya banyak menganggur  akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan proses produksi. Kemudian jika implementasinya konsisten, OEE akan membantu Anda menekan biaya yang tidak diperlukan, bahkan OEE mampu menurunkan biaya rata-rata setiap unit produksi. 

Ada beberapa perangkat yang bisa Anda manfaatkan untuk mempermudah perhitungan OEE, mulai dari perangkat keras hingga perangkat lunak. Namun yang perlu dicatat adalah ada berbagai macam faktor yang bisa membuat perusahaan bisa kehilangan manfaat dari OEE itu sendiri. Untuk itu kita harus memperhatikan baik itu faktor teknis ataupun faktor manusianya. Bisa dikatakan bahwa kesuksesan penerapan OEE sebagai upaya tim, namun ini akan efektif jika penggunaannya dengan strategi kepemimpinan yang baik. Setiap orang bertanggung jawab untuk keandalan dan produktivitas mesin. Pemimpin harus mengarahkan seluruh timnya di dalam jalur yang sesuai dan mampu memotivasi seluruh tim untuk terlibat dalam proses tersebut.

Untuk itu setiap karyawan harus memiliki pengetahuan lebih dulu tentang pentingnya OEE bagi perusahaan, bagaimana menggunakan sistem ini, dan bagaimana menggunakan hasil OEE nya. Oleh karena itu adalah penting untuk memiliki seorang ahli atau coach untuk mengajarkan penggunaan OEE kepada semua orang yang terlibat. SSCX International sebagai perusahaan konsultan operational excellence memiliki dua jenis layanan untuk membantu perusahaan sukses mengimplementasikan OEE, yaitu jasa pelatihan dan implementasi. Selama ini SSCX International dikenal luas oleh klien dan komunitas operational excellence sebagai perusahaan konsultasi dan implementasi yang tak hanya memberikan service tapi juga menggaransi hasil. Tunggu apalagi, segera hubungi 021 576 3020 tim marketing SSCX siap membantu Anda untuk menjadwalkan pertemuan dengan konsultan/ekpertis SSCX, gratis! Informasi lebih lanjut bisa Anda temukan di website www.sscxinternational.com.  

Baca juga  Melakukan Changeover dengan Cepat Menggunakan SMED