Masaaki Imai.
Masaaki Imai.

Nama Masaaki Imai mungkin tidak setenar Taiichi Ohno atau Shigeo Shingo, namun ia telah berjasa besar dalam memperkenalkan filosofi Kaizen ke industri di seluruh dunia.

Masaaki Imai lahir di Tokyo pada 1930, dan menjalani karir sebagai konsultan di bidang quality management. Ia dikenal sebagai “Lean Guru” dan bapak Continuous Improvement (CI) dunia, juga merupakan pionir yang mempopulerkan filosofi Kaizen modern yang dapat diterapkan di seluruh industri.

The Father of Kaizen

Melalui bukunya, “Kaizen: The Key to Japan’s Competitive Success” yang terbit pada 1986, Imai telah menanamkan kata “Kaizen” di kamus perusahaan dan organisasi di dunia. Buku yang menjadi global-bestseller tersebut merupakan yang pertama kali memperkenalkan filosofi Lean kepada dunia, empat tahun sebelum terbitnya buku “The Machine That Changed The World: The Story of Lean Production”. Kedekatannya dengan Shoichiro Toyoda dan Taiichi Ohno membantunya memahami dan menyelami rahasia kesuksesan Toyota dan perusahaan Jepang lainnya, kemudian memperkenalkannya kepada dunia.

Pada tahun 1997, Imai menerbitkan sekuel dari buku pertamanya, yang berjudul “Gemba Kaizen: A Commonsense, Low-cost Approach to Management”. Dalam buku ini, ia memaparkan studi kasus yang relevan, yang menggambarkan detil-detil dari 21 praktek Kaizen manajemen praktis yang bertujuan untuk meningkatkan produktifitas, kualitas, dan profit dengan waktu dan biaya yang minim.

Konsep dasar dari Kaizen adalah untuk menyederhanakan dan menyatukan pemikiran mengenai improvement dari proses bisnis end-to-end yang kritikal, yang mendukung seluruh strategi continuous improvement di organisasi. Imai memperkenalkan ide ini kepada perusahaan manufaktur mobil besar di Amerika Utara, pada pertengahan tahun 80-an.

Saat ini, perusahan di seluruh dunia menggunakan Kaizen untuk meningkatkan produktifitas, kecepatan, kualitas, dan profit dengan biaya, waktu, dan usaha yang minimal untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan menjadi leader di industrinya masing-masing.***

Buku-buku karya Masaaki Imai:

  • 1975 Never Take Yes for an Answer: An Inside Look at Japanese Business
  • 1986 Kaizen: The Key to Japan’s Competitive Success
  • 1997 Gemba Kaizen: A Commonsense, Low-cost Approach to Management.

Penghargaan yang diperoleh Masaaki Imai:

  • 1998 Asia-Pacific Human Resource Development Award
  • 1999 Shingo Research and Professional Publication Prize for Gemba KAIZEN
  • 2010 Quality Council of India (QCI) 1st Honorary Fellow.