Jika bisnis Anda stagnan, Anda memiliki masalah bottleneck. Inilah cara mengatasinya.

Tidak ada bisnis yang kebal, setiap perusahaan memiliki masalah dalam bisnisnya sehingga mereka dapat secara aktif berusaha memecahkannya, atau mengabaikannya.

Ada tiga penyebab kemacetan (bottleneck-red)  yang merupakan akar permasalah juga penghambat pertumbuhan bisnis Anda saat ini. Meskipun Anda merasa memiliki ketiga hal tersebut, salah satunya menjadi prioritas tertinggi yang menyebabkan masalah terbesar bagi bisnis Anda. Bottleneck tersebut meliputi :

  • Leads, dimana Anda tidak memiliki cukup potensi atau keunggulan
  • Sales, ketika Anda memiliki keunggulan tapi Anda tidak dapat mengkonversikannya
  • Scalability, Anda memiliki keunggulan, bisa mengkonversi penjualan, tapi tidak memiliki kapasitas atau bandwidth untuk melayani atau memenuhi pesanan klien.

Jika Anda berfokus untuk menyelesaikan ketiganya saat ini, mungkin Anda akan terbebani dan stagnan. Jika Anda memecahkan masalah yang salah, maka Anda tidak fokus pada masalah sebenarnya dan akan kecewa dengan hasilnya.

Untuk membantu Anda menentukan bottleneck mana yang menghambat bisnis Anda, simak rincian berikut ini :

1. Leads
Anda tidak akan sukses jika Anda tidak memiliki pelanggan. Anda perlu membuat sistem yang secara konsisten akan menarik lebih banyak potensial pelanggan (leads), sehingga Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengubah leads menjadi pelanggan agar target Anda tercapai. Manfaatkan beberapa platform media sosial juga termasuk sistem iklan berbayar.

Ingatlah, masalah ini sering disalahartikan sebagai hambatan penjualan karena Anda pikir Anda hanya perlu menjual lebih banyak, namun jika  Anda tidak mungkin mencapai sasaran pendapatan dengan jumlah leads penjualan yang Anda miliki, maka yang perlu Anda fokuskan adalah membawa lebih banyak leads terlebih dahulu.

2. Sales
Jika Anda memiliki cukup banyak leads untuk mencapai target pendapatan Anda, namun Anda tidak mampu mengkonversikannya menjadi penjualan ini berarti Anda mempunyai hambatan penjualan, karena Anda tidak perlu fokus untuk menghasilkan lebih banyak leads. Sebaliknya, Anda perlu fokus untuk mengubahnya dengan lebih baik. Ada banyak cara untuk memecahkan masalah ini tapi satu hal yang pasti bisa Anda lakukan adalah follow up.

3. Skalabilitas
Jika penawaran atau struktur operasional yang Anda miliki saat ini menghambat perkembangan bisnis dan peningkatan penjualan Anda. Ini berarti bahwa Anda memiliki prospek, dapat mengubah prospek menjadi pelanggan, namun tidak dapat melayani mereka secara efektif karena tawaran atau operasi Anda yang tidak terukur.

Misalnya, Anda memiliki banyak leads  yang masuk, kemudian Anda berhasil mengubahnya menjadi pelanggan, tapi Anda harus menunda waktu pengiriman barang dan masih memasukkannya ke dalam daftar tunggu karena Anda tidak punya waktu atau bandwidth untuk melayani mereka dengan benar. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menyederhanakan operasi Anda, jadi Anda memiliki alur kerja yang tidak banyak menyita waktu Anda. Selain itu, penting untuk mengotomatisasi lebih banyak prosesnya.

Begitu Anda mengidentifikasi bottleneck mana yang saat ini membuat bisnis Anda lambat dan stagnan, fokuskan energi dan sumberdaya Anda untuk memecahkan masalah ini terlebih dahulu. Rahasia mendapatkan hasil 10 x lipat, tidak dengan bekerja 10 x lebih keras, namun cukup dengan memusatkan perhatian dan memecahkan hambatan bisnis Anda.

 

sumber : entrepreneur.com