Secanggih apapun teknologi IoT yang Anda beli, jika tidak dibarengi dengan perubahan sikap yang signifikan, Anda tidak dapat meraih potensi penuhnya.

Ingat cerita tentang para eksekutif di pertengahan 90-an yang membayar asisten untuk mencetak email dan meletakkan rapi di meja mereka? Ya, mereka menggunakan teknologi baru, tetapi membatasi kegunaannya dengan menariknya ke dalam pola pikir yang ada. Moral cerita ini jika dihubungkan dengan Internet of Things (IoT) adalah jika Anda tidak melakukan perubahan sikap maka Anda tidak dapat mewujudkan potensinya, tidak peduli berapa banyak teknologi IoT yang Anda miliki. Oleh karenanya, Anda perlu melakukan tiga langkah di bawah ini. Ketiganya saling sinergis dan melengkapi, memungkinkan Anda untuk mendapatkan manfaat kumulatif yang jauh lebih besar :

  1. Jadikan Privasi dan Keamanan sebagai Prioritas Utama Anda.

Jika Anda mengabaikannya, Anda tidak hanya membahayakan produk atau layanan IoT perusahaan tetapi juga seluruh konsep organisasi.  Lakukan proses evaluasi dan pembaharuan secara berulang dan berkelanjutan, karena ancaman peretas juga terus mengikuti. Anda perlu membangun konsep “security by design” – nya Uni Eropa, yang mana keamanan dibangun sebagai bagian integral dari desain perangkat sejak awal, diikuti dengan proses berulang untuk memastikannya tetap berfungsi ketika tantangan berkembang.

  1. Bagikan Data

Ini menjadi tantangan yang luar biasa. Dulu, sangat sulit untuk mengumpulkan dan berbagai data secara real-time. Jika Anda memiliki data sementara orang lain tidak, maka Andalah pemenangnya. Sebaliknya, dengan IoT, akan sangat menguntungkan jika Anda bisa berbagi data. Terus tanyakan “Siapa lagi yang bisa menggunakan data ini?”

Sebagai contoh, Pratt & Whitney mengumpulkan 10 gigabyte data per detik dari 5.000 sensor pada turbin jet barunya, yang mereka gunakan untuk mendeteksi signal awal masalah operasi sehingga mereka dapat melakukan perawatan prediktif yang lebih murah dan lebih cepat. Mereka juga menawarkan data itu kepada pelanggan secara komersil, menciptakan aliran pendapatan baru yang besar sambil membantu maskapai penerbangan. Grup AirAsia, misalnya, menghemat hingga $ 10 juta biaya bahan bakar setiap tahun menggunakan data itu untuk mengubah jalur penerbangan dan mengoptimalkan aliran lalu lintas udara. Cara ini mengoptimalkan manfaat terpenting dari IoT, yaitu menekan ketidakefisienan dan beroperasi dengan presisi maksimum. Oleh sebab itu, kebijakan manajemen tentang berbagi data di dalam perusahaan juga tidak kalah penting dari perubahan sikap.

  1. Definisikan Ulang Produk
Baca juga  Hilangkan Blind Spot Anda Dengan Cara Sederhana Ini

Bukan masanya lagi bagi produsen untuk terus menebak apakah pelanggan akan menyukai produk dan menggunakannya. Karena desain dan penyempurnaan produk menjadi proses berkelanjutan, yaitu meningkatkan peluang bagi kepuasan pelanggan.

Elemen penting dari upaya perubahan sikap dalam IoT adalah mengingatkan bahwa disana terjadi penggabungan fisik dan digital. Nilai produk fisik akan meningkat secara substansial karena sekarang bisa ditautkan ke internet.

Memang tidak mudah meninggalkan paradigma lama yang kita warisi dari zaman industri abad 19. Ada banyak faktor yang membatasi visi dan kemampuan kita untuk menciptakan alternatif. Namun, kita harus maju dengan sikap baru, dengan demikian kita bisa merangkul potensi penuh IoT untuk menciptakan kepuasan pelanggan, ketepatan produksi, dan aliran pendapatan baru.

Sumber : industryweek