Sering merasa kehilangan fokus, menjadi tidak konsentrasi atau kurang produktif saat puasa? Tenang ini adalah salah satu dampak karena kita tidak makan dan minum sehingga energi kita berkurang. Tapi jangan sampai puasa menjadi alasan kita menjadi tidak profesional saat bekerja ya.

Excellent people, kita tetap bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik selama menjalankan ibadah puasa. Caranya bagaimana? Yaitu dengan melakukan beberapa perubahan kecil dan adaptasi terhadap perilaku dan prioritas kita. Kita bisa mengikuti beberapa tips berikut untuk memaksimalkan hari kerja Anda saat berpuasa yah.

1. Rencanakan Hari Dengan Penuh Niat

Menjaga pikiran tetap fokus terkadang menjadi tantangan selama bulan Ramadhan, ketika rasa lapar mulai mengganggu akan mengalihkan perhatian Anda. Mengutip Inc.com, merencanakan hari dengan membuat daftar sesuai dengan prioritas kepentingannya maka akan membuat Anda lebih mampu menjaga momentum berjalan di setiap harinya. Cobalah untuk menjadwalkan pertemuan dan hal-hal yang membutuhkan energi tinggi di pagi hari. Tempatkan tugas dengan prioritas tinggi terlebih dulu, sementara tugas yang kurang mendesak bisa dikerjakan nanti saat energi dan fokus Anda mulai berkurang

2. Bekerja Saat Energi Penuh

Selama puasa, energi tertinggi kita adalah saat setelah makan sahur atau berbuka. Jika memungkinkan, rencanakan untuk melakukan pekerjaan Anda di waktu ini. Misal setelah makan sahur, alih-alih kembali tidur Anda bisa menyelesaikan tugas dengan lebih fokus karena tidak ada gangguan seperti pesan atau email masuk. Untuk Anda yang merasa sangat mengantuk di waktu pagi, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan peregangan dan olahraga ringan. Rasa kantuk juga bisa karena faktor makanan yang Anda makan selama sahur, oleh karena itu selektiflah dalam memiliki makanan. Makan makanan yang bernutrisi dan hindari makanan yang tinggi gula dan tinggi karbohidrat.

3. Hilangkan/ Minimalkan Gangguan

Untuk bisa bekerja dengan fokus penuh, maka Anda perlu menghilangkan segala bentuk gangguan atau hal-hal yang berpotensi mengurangi fokus Anda. Misal, dengan mematikan notifikasi obrolan grup dan sosial media di smartphone untuk sementara waktu. Anda bisa mengakses kembali sosial media di jam istirahat, namun lebih disarankan mengisi waktu istirahat dengan tidur siang

Baca juga  Dengan transformasi, organisasi bisa terus sustain. Setuju?

4. Alihkan Pertemuan Langsung Menjadi Online

Meskipun selama pandemi pertemuan dilakukan secara online, namun tidak sedikit yang melakukan pertemuan secara langsung. Karena bepergian dan berjalan kaki dapat menguras tenaga, maka jika memungkinkan maka cari peluang mengalihkan pertemuan langsung menjadi online. Karena menghemat waktu perjalanan, maka Anda akan memiliki waktu ekstra yang dapat Anda manfaat untuk aktivitas mengerjakan tugas lain.